Ilustrasi UMKM Milenial. (Foto: Unsplash/Anne Alison)

Jakarta, MNEWS.co.id – Siapapun bisa menjadi pebisnis, termasuk juga anak muda. Apalagi saat ini teknologi berkembang dengan begitu pesat sehingga memungkinkan milenial untuk melakukan berbagai hal, termasuk juga mulai berbisnis.

Dengan adanya internet, banyak bermunculan berbagai peluang usaha yang bisa dilakukan dari rumah. Terlebih lagi, generasi milenial lebih melek terhadap teknologi dan perkembangannya. Artinya, mereka bisa lebih peka terhadap tren yang ada sekaligus bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas kerja.

Dikutip dari Swara, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh generasi milenial untuk membuka usaha;

  1. Mengikuti pelatihan bisnis

Bila Anda tidak memiliki latar belakang di bidang bisnis sebelumnya, mengikuti pelatihan bisa membantu untuk memberikan bekal pengetahuan seputar bisnis. Kamu tidak harus mengikuti kursus berbayar. Sekadar membaca buku dan mengikuti seminar online tentang bisnis sudah cukup membantu.

Kemauan untuk belajar adalah salah satu karakter penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan mengikuti seminar dan membaca buku seputar bisnis, Anda telah membuka diri pada pengetahuan baru.

  • Berani mencoba

Jika Anda ingin bisa mendapat kesuksesan dari bisnismu, kamu harus berani mencoba dan mengambil risiko. Jangan hanya memikirkan dan merencanakan ide, tapi tidak melakukan aksi nyata untuk mewujudkannya.

Ide yang tidak diwujudkan sampai selamanya hanya akan menjadi ide. Memulai bisnis memang penuh dengan risiko, tapi kamu harus berani dan sanggup memikirkan cara untuk meminimalisir risiko tersebut.

  • Jangan pernah ragu untuk memulai

Saat sudah memulai bisnis, tentunya Anda ingin produk dari bisnismu diminati oleh banyak orang. Untuk itu, Anda harus melakukan survei pasar guna memahami minat dan harapan target konsumen.

Ketika bisnis sudah berjalan, Anda tetap perlu mengetahui minat masyarakat dengan melakukan survei secara berkala. Hal ini akan membantu milenial supaya bisa menghadirkan produk yang memang benar-benar dibutuhkan oleh orang banyak.

  • Menentukan minat

Sebagai pebisnis, Anda tentu akan lebih menikmati bisnis yang dijalankan bila bisnis tersebut sesuai dengan minat dan hobi. Saat Anda mengerjakan sesuatu yang memang disukai, pasti akan lebih betah dan tidak mudah mengeluh.

Saat akan menentukan ide bisnis, tentukan dulu apa saja hal-hal yang disukai. Dari sana, Anda bisa mengembangkan ide yang kira-kira relevan untuk dijadikan ide bisnis. Buatlah daftar minat dan hobi dalam secarik kertas, lalu tentukan minat yang paling sesuai untuk dijadikan bisnis.

  • Menghitung modal usaha

Modal merupakan komponen yang penting ketika akan memulai bisnis saat pandemi. Sebelum bisnis diluncurkan, Anda harus mempertimbangkan apa saja daftar pengeluaran yang memerlukan dana dan berapa besar dana tersebut harus disediakan.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan menghitung modal. Setiap pebisnis pasti memiliki daftar keperluan modal yang berbeda-beda. Karena itu, Anda harus mencatat secara detail apa saja yang memang dibutuhkan oleh bisnismu dan berapa biayanya.

Dengan melakukan beberapa langkah tersebut, nantinya para milenial akan menjadi lebih siap untuk memulai bisnis saat pandemi. Sebagai generasi milenial, beranilah untuk berinovasi dan menghadapi tantangan dalam berbisnis.