Telkom dan BAKTI Kominfo Wujudkan Digitalisasi di Destinasi Wisata Super Prioritas. (Foto: Telkom)

Jakarta, MNEWS.co.id – Mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengembangkan Jaringan Pariwisata (JP) Hub. Penunjang utama JP Hub adalah Wonderin.id. Ini andalan platform digital travel dan tourism yang dikembangkan Telkom.

Kerja sama ini untuk mewujudkan digitalisasi industri pariwisata di lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Indonesia. Ruang lingkup kerja sama meliputi pelatihan dan pendampingan pelaku pariwisata dalam digitalisasi sektor akomodasi, tempat wisata, dan paket wisata. Program ini dimulai dari lokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur BAKTI, Anang Latief, menyampaikan, selain pemerataan infrastruktur, BAKTI melakukan pengembangan ekosistem digital. Salah satunya kerja sama dengan Telkom.

“Tidak hanya terbatas menyediakan koneksi telekomunikasi, juga memberikan nilai nambah dalam bentuk kemampuan digital untuk menunjang ekonomi masyarakat khususnya terkait pariwisata,” ujar Anang dilansir dari Liputan 6.

Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza mengatakan, Telkom memastikan adopsi pemanfaatan teknologi berbasis digital guna mendorong pemulihan perekonomian. Termasuk industri pariwisata.

“Melalui Wonderin.id kami senantiasa mendorong upaya kolaboratif bersama seluruh pemangku kepentingan guna mencapai proses digitalisasi pariwisata yang lebih baik,” pungkas Reza.

Wonderin.id menjadi solusi teknologi yang mendorong pengembangan ekosistem pariwisata. Menghadirkan layanan unggulan yang mencakup XGDS (Global Distribution System) untuk membangun jembatan serta jaringan yang kuat dengan mitra pariwisata.