Ilustrasi. Foto: Pexels.
Ilustrasi. Foto: Pexels.

Surabaya, MNEWS.co.id – Rangkaian acara Hari Koperasi Provinsi Jawa Timur yang ke 72 dimulai dengan berbagai perlombaan yang bertemakan koperasi dan UKM, sarasehan, pagelaran wayang kulit serta koperasi peduli dan sebagai penutup akan menghadirkan pembukaan Pameran Koperasi dan UMKM di Grand City Surabaya.

Pameran Koperasi dan UMKM Expo 2019 ini akan diadakan hari ini sampai dengan hari Minggu  (11/8/2019),  dengan melibatkan 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur serta 10 provinsi lainnya dan ditambah dengan beberapa BUMD dan UKM Mandiri, dan acara ini merupakan pameran produk unggulan terbesar di Jawa Timur.

Pameran bertemakan “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0” ini diharapkan dapat memberikan edukasi serta wadah kepada seluruh Koperasi dan UMKM yang ada di Jawa Timur agar selalu siap menghadapi revolusi industri 4.0 yang selalu mengedepankan era digital.

Mengingat betapa pentingnya keberadaan Koperasi dan UMKM yang mendorong untuk kesejahteraan masyarakat, pameran ini merupakan wadah terbaik untuk memperkenalkan dan sebagai bukti eksistensi Koperasi dan UMKM yang ada di Jawa Timur. Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan UKM  pun mendukung penuh atas terselenggaranya acara ini dan bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta OPD lain.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur juga turut serta memeriahkan pameran ini dengan menghadirkan acara Festival Kopi Jawa Timur 2019, dengan mengusung berbagai kompetisi kopi yaitu Coffee Roasting Competition dan Innovative Product Competition.

Pameran ini juga menghadirkan talkshow inspiratif mengenai perkembangan bisnis kopi khusus Jawa Timur dan mengundang beberapa narasumber dari berbagai bidang yaitu mulai dari pemerintahan, lembaga penelitian seperti Puslitkoka dan Coffeepreneur. Acara ini juga melibatkan para seluruh asosiasi binaan Dimas Anggara Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur.

Konsep City Of Charm juga hadir dalam pameran ini dengan melibatkan Kabupaten Lamongan yang membawakan berbagai produk khas serta program acara yang menarik.  Selain lembaga pemerintahan, pameran ini juga menghadirkan beberapa e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan juga Go-Jek Indonesia, yang nantinya dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan UMKM di era revolusi industri 4.0.

Pameran ini juga menghadirkan berbagai program menarik untuk mengedukasi masyarakat tentang deklarasi “Bela dan Beli Produk UMKM” yaitu pencanangan Hari Belanja Online Produk UMKM Nasional yang akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur. Selain itu juga akan ada Kelas Pelatihan UMKM dengan berbasis digital dan talkshow inspiratif mengenai perkembangan digital saat ini yang dapat memberikan edukasi serta manfaat untuk para pelaku UMKM. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here