Jakarta, MNEWS.co.id – Mendirikan suatu usaha merupakan sebuah ide yang menggiurkan bagi sebagian orang, entah dengan skala kecil atau besar. Dalam membangun usaha, diperlukan strategi marketing yang tepat agar pengembangan bisnis lebih optimal dan terus menghasilkan keuntungan.
Ada beberapa strategi yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli agar produk yang Anda jual banyak dibeli orang. Dikutip dari Koinworks, Anda bisa mengikuti beberapa trik ini untuk mendukung usaha Anda yaitu;
Memanfaatkan Media Sosial
Media sosial ini merupakan strategi yang ampuh buat Anda menjalin interaksi secara luas dengan calon pembeli produk. Apalagi di era internet ini, banyak kalangan masyarakat yang sangat aktif menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok dan Twitter.
Jadi, yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli yaitu manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produk maupun jasa.
Minta Ulasan Produk dari Konsumen yang Sudah Membeli
Ulasan maupun testimoni konsumen yang pernah membeli produk yang Anda tawarkan sangat mempengaruhi calon konsumen selanjutnya yang akan membeli produk.
Sehingga yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli salah satunya yaitu harus memberikan layanan yang bagus dan memuaskan. Hal tersebut menjadikan alasan agar konsumen memberikan ulasan yang positif dan menjadi acuan calon konsumen untuk membuat sebuah purchasing decision.
Memberikan Pelayanan Maksimal
Strategi ini memang sedikit tricky untuk dilakukan yaitu memberikan pelayanan maksimal maupun menggunakan cara yang berbeda dalam menyambut setiap pembeli. Contohnya, mungkin Anda pernah berkunjung ke sebuah toko, kemudian disambut beberapa pelayan dan mengikutimu berkeliling toko.
Cara yang benar yaitu membiarkan pelanggan berkeliling toko, tapi selalu siap siaga ketika pelanggan tersebut membutuhkan bantuan maupun bertanya.
Melakukan Riset Pasar
Melakukan pengamatan mengenai tren yang disukai oleh pasar merupakan langkah penting yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik produk kita di mata pembeli. Tren pasar yang berubah-ubah harus diamati, sehingga strategi pemasaran yang kamu keluarkan akan tepat sasaran.
Contohnya, di dunia fashion model hijab yang ada berubah-ubah tiap tahunnya, sehingga produk yang dikeluarkan juga harus disesuaikan.
Membangun Brand yang Kuat
Brand bukan hanya sebuah logo maupun tagline, namun brand bertujuan untuk menarik calon pembeli dan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Brand disini juga harus mengandung informasi yang berkaitan dengan produk maupun jasa yang akan Anda jual, tujuan usaha, dan kelebihan-kelebihannya.
Anda juga harus membuat brand yang unik, kreatif, dan berbeda dari usaha-usaha kompetitor yang sudah ada sebelumnya, sehingga mudah diingat.
Berikan Informasi Secara Detail dan Lengkap
Calon konsumen yang akan membeli sebuah produk tentunya akan mencari informasi yang jelas, detail dan lengkap sesuai dengan kebutuhannya. Maka, yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli yaitu pastikan kamu memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai produk/jasa yang ditawarkan.
Contohnya pada penjualan online, informasi di deskripsi barang sangat penting sekali, sehingga para konsumen bisa cepat memutuskan membeli produk Anda.