Kelas Komunitas bersama Shopee. Foto: (doc/MNEWS)
Kelas Komunitas bersama Shopee. Foto: (doc/MNEWS)

Jakarta, MNEWS.co.id – Persebaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat luas, karena faktor geografis di Indonesia dengan belasan ribu pulau. Masih banyak pelaku UMKM yang memerlukan edukasi dan pendampingan dalam menjalankan usahanya, khususnya di wilayah yang minim informasi dan terhambat keterbatasan infrastruktur.

Salah satu marketplace yang tengah berkembang pesat, Shopee, melihat masih adanya kendala yang menghambat pelaku UMKM dalam memajukan usahanya. Karenanya, Shopee berusaha mengedukasi UMKM yang tergabung dalam platform digital Shopee, dan juga UMKM binaan mitra pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Monica Vionna, Marketing Manager Shopee Indonesia. Menurutnya, perkembangan UMKM adalah pekerjaan rumah bersama.

“Untuk perkembangan UMKM kami rasa ini adalah pekerjaan rumah bersama. Jadi untuk kemajuan UMKM, pelaku bisnis e-commerce, pemerintah, dan masyarakat baik itu sebagai penjual maupun pembeli harus bergandengan tangan guna menciptakan ekosistem perdagangan online di Indonesia berjalan dengan baik,” ujar Monica dalam keterangan tertulis kepada MNEWS, pada Rabu (26/9/18).

Program Kampus Shopee yang rutin diselenggarakan misalnya, menurut Monica, menjadi sebuah wadah yang berisi komunitas para penjual Shopee untuk membantu menjawab tantangan yang dihadapi para penjual, lewat edukasi akan pengetahuan dan keahlian berjualan secara online yang tahun ini akan menjangkau lebih dari 30 kota di Indonesia.

“Shopee cukup intens dalam melakukan pendampingan terhadap UMKM melalui Kampus Shopee, dan kurikulum yang kami siapkan untuk UMKM juga cukup komprehensif. Mulai dari pengenalan mengenai platform kami, materi copywriting, fotografi, dan pemasaran, hingga proses pengemasan produk. Kami juga menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan logistik dan bank dalam pembekalan untuk mitra-mitra UMKM kami,” imbuhnya.

Shopee juga melakukan pendampingan kepada mitra UMKM agar bisa mandiri dalam menjalankan usahanya. Di samping itu, untuk mengapresiasi dan membuat mitra UMKM lebih termotivasi, tambah Monica, Shopee memberikan label ‘Star Seller’ kepada mitra UMKM yang telah memberikan pelayanan luar biasa kepada Sobat Shopee.

“Selain Kampus Shopee, kami juga memiliki inisiatif lain untuk mendukung para pelaku UMKM, salah satunya adalah Kreasi Nusantara yang merupakan program yang diluncurkan pada tanggal 27 Februari 2018 ini untuk memberikan sorotan kepada para UMKM melalui laman khusus yang hanya menjual produk dan brand lokal di Indonesia,” pungkas Monica.

Pihaknya berharap agar UMKM dapat ‘melek’ digital dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik, sehingga mampu memasarkan produk mereka lewat teknologi yang ada. Ke depannya, Shopee akan berupaya untuk terus mendukung inisiatif berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah dan komunitas UMKM yang memiliki komitmen untuk memajukan UMKM Indonesia.

“Ini semua kami lakukan tak lain guna memajukan produk lokal dan meningkatkan kemandirian UMKM dalam negeri. Namun yang paling utama, kami selalu mendengarkan kebutuhan utama dari mitra UMKM terkait dengan inovasi apa yang harus Shopee tingkatkan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here