Momen Launching dan Rebranding Youngpreneur.id dalam RAKORDA Ke-2 di Gedung Teater Kemenpora, Jakarta, Sabtu (22/2/20). (Foto: MNEWS)
Momen Launching dan Rebranding Youngpreneur.id dalam RAKORDA Ke-2 di Gedung Teater Kemenpora, Jakarta, Sabtu (22/2/20). (Foto: MNEWS)

Jakarta, MNEWS.co.id – Perkembangan dunia wirausaha saat ini sudah semakin gencar untuk dipromosikan, salah satunya adalah dengan banyaknya pertumbukan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Berbagai produk-produk baru hadir mulai dari bidang kuliner, fesyen, jasa industri kreatif, dan lainnya. Terlebih lagi saat ini dunia wirausaha sudah banyak diminati oleh pelaku bisnis dari generasi milenial.

Berdasarkan visi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang mengatakan mengenai Pembangunan Sumber Daya Manusia bertujuan membanggun SDM yang lebih unggul. Selain itu perkiraan mengenai bonus demografi di tahun 2030-2040 yang didominasi oleh usia produktif. Maka dari itu, peran generasi milenial sangatlah penting untuk berbagi serta berdiskusi mengenai bisnis. Hal tersebut mengharuskan generasi milenial untuk memiliki jam terbang yang tinggi guna mengasah kemampuan yang ada khususnya dalam berwirausaha. 

Untuk mewujudkan visi tersebut Sahabat UMKM BPD DKI Jakarta berkolaborasi dengan Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, menggelar Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) Ke-2 di Gedung Teater Kemenpora, Jakarta, Sabtu (22/2/20). 

Sahabat UMKM BPD DKI Jakarta merupakan sebuah komunitas yang memfokuskan pada pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jakarta.

Kegiatan RAKORDA menghadirkan Anggi Mokoginta selaku Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Sahabat UMKM Jakarta, beserta para pengurus BPD DKI Jakarta dan jajaran pengurus BPP Sahabat UMKM. Dalam acara tersebut, para pengurus harian Sahabat UMKM menjelaskan mengenai program kerja yang akan dijalankan untuk satu tahun kedepan. Salah satu hal yang difokuskan adalah mengenai Program Pelatihan guna menguatkan pondasi UMKM khususnya di DKI Jakarta.

Nantinya kegiatan tersebut akan dijalankan dan bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional, Kolega, Blibli.com, dan beberapa partner lainnya. Program tersebut bertujuan sebagai salah satu bentuk kepedulian Sahabat UMKM untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Talkshow & Sharing Inspiratif yang bertajuk “Youngpreneurship On Industry 5.0” dalam Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) Ke-2 di Gedung Teater Kemenpora, Jakarta, Sabtu (22/2/20). (Foto: MNEWS)

Mengawali tahun 2020, Sahabat UMKM Jakarta gelar Talkshow & Sharing Inspiratif yang bertajuk “Youngpreneurship On Industry 5.0”. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang diwakilkan oleh Syamsul Qomar.

Acara ini juga menghadirkan Launching dan Rebranding Youngpreneur.id, sebuah komunitas yang beranggotakan alumni program kewirausahaan pemuda, dan kuliah wirausaha yang awalnya bernama Sahabat Alumni Program Penumbuhan Minat Wirausaha. Komunitas ini merupakan hasil dari program Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda yang dibimbing oleh Komunitas Sahabat UMKM DKI Jakarta.

Talkshow dalam bentul diskusi panel ini menghadirkan dua sesi. Sesi pertama bertajuk tema “Sharing pengalaman terkait perkembangan wirausaha di kalangan millennial dan pelaku UMKM”. Sesi ini menghadirkan Alia Laksono (staff khusus Menpora RI), Intan Kusuma Fauzia (CEO Vanilla Hijab), dan Rici Solihin (CEO Paprici) dengan moderator Marsya Gusman (Miss Internet 2018).

Selanjutnya pada sesi kedua diisi oleh Patria Firdausi Mabrur (M-Direct) dan Imam Choirul (CEO Top Score) yang membahas tentang “Strategi mendapatkan akses permodalan dan membuat Pitching Bisnis yang baik secara sederhana”.

Melalui kegiatan talkshow dan sharing inspiratif tersebut dapat menumbuhkan ketertarikan generasi milenial dalam dunia wirausaha. Hal itu bersamaan dengan harapan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, agar generasi muda dapat mengawali serta mendorong pengembangan wirausaha di era persaingan digital dan revolusi Industri 4.0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here