Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Humas Pemprov Jabar)

Jakarta, MNEWS.co.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan bahwa berbelanja produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan salah satu upaya membela negara serta meningkatkan pertumbuhan UMKM dan sektor ekonomi yang terdampak Covid-19.

Ridwan menyebut bahwa Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) adalah wujud bela negara.

“Oleh karena itu, Gernas BBI adalah sebuah bela negara yang kita dukung di Jabar. Jadi, ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh kita selaku warga negara dalam bela negara seperti berbelanja untuk membantu para UMKM,” katanya.

Pernyataan tersebut disampaikan Ridwan dalam sambutan acara Karya Kreatif Jabar 2021 dan Pekan Kerajinan Jabar UKM Jabar Paten dalam kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Sabtu, 3 Maret 2021 di Kota Bandung.

Masa pandemi Covid-19 tidak hanya menyerang sektor kesehatan, tetapi turut melumpuhkan perekonomian. Oleh sebab itu, Ia mengajak warga Jawa Barat mengunggah satu produk UMKM di akun media sosial setiap harinya selama Kampanye Gernas BBI sepanjang April 2021.

Menurutnya, warga Jawa Barat bisa berpartisipasi dalam 100 acara terkait Kampanye Gernas BBI di Jawa Barat. “Ada 100 acara dan kita ini menjadi yang paling produktif dalam menyelenggarakan acara ini,” kata Ridwan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berkomitmen menyukseskan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang digagas pemerintah pusat untuk menstimulus dan membangkitkan UMKM.

Selaku brand ambassador Gernas BBI Jawa Barat, Ridwan juga akan memanfaatkan akun media sosial pribadi yang memiliki pengikut belasan juta untuk mengkampanyekan Belanja Adalah Bela Negara secara masif.

Setidaknya ada 15 ribu UMKM di Jawa Barat yang siap mengikuti Gernas BBI pada April 2021 bahkan Pemerintah Pusat akan mempromosikan produk-produk UMKM Jawa Barat dengan maksimal.

“Ada 15 ribu UMKM di Jabar yang siap mengikuti Gernas BBI. Bulan April, pemerintah pusat akan mempromosikan produk-produk UMKM Jabar dengan maksimal. Kami berinisiatif melengkapi ini dengan gerakan Belanja Adalah Bela Negara,” pungkasnya.