Ilustrasi. (Foto: beritamagelang.id)

MNEWS.co.id – Ribuan petani dan pedagang sayur buah dapat menikmati berbagai kemudahan dalam bertransaksi serta mengembangkan usahanya di ekosistem digital.

Seiring percepatan digitalisasi khususnya pada sektor UMKM di Indonesia, PT Kedai Sayur Indonesia menjalin kerja sama dengan PT Olsera Indonesia Pratama dalam rangka menyediakan sistem pasokan dan permintaan yang terintegrasi antara KedaiSayur dan Olsera.

Melalui sinergi tersebut, ribuan petani, pedagang sayur buah, serta para mitra pelanggan KedaiSayur dapat menikmati berbagai kemudahan dalam bertransaksi dan mengembangkan usahanya dengan sistem POS pintar dari Olsera. Sebaliknya, puluhan ribu merchant pengguna Olsera akan mendapatkan akses langsung untuk memesan sayur, buah dan bahan pangan berkualitas lainnya ke KedaiSayur.

Kerja sama ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen perseroan untuk mendukung para pelaku UMKM dengan mendorong percepatan digitalisasi para petani dan pedagang sayur buah di Indonesia.

CEO KedaiSayur, Adrian Hernanto mengungkapkan, berdasarkan data Kemenkop UKM per Mei 2022, sudah ada 18,5 juta UMKM yang go digital dan menghasilkan pertumbuhan yang sehat bahkan di masa pandemi.

Menyambut momen tersebut, KedaiSayur terus berupaya memberikan nilai lebih, serta merangkul para pihak yang bernaung di dalam ekosistem KedaiSayur, khususnya para petani dan pedagang sayur buah. Melalui kerja sama ini seluruh proses transaksi jual beli, perhitungan stok, hingga pelaporan bisnis akan diintegrasikan sehingga lebih akurat.

Adrian menyampaikan jika proses tradisional yang dilakukan oleh para petani dan pedagang saat ini sangat berpotensi untuk didigitalisasi demi kebaikan mereka.

“Dari sekian banyak platform POS yang sudah kami temui, Olsera merupakan partner yang tepat bagi KedaiSayur. Bukan hanya sekedar kelengkapan fungsi dan memberikan manfaat lebih, tetapi juga kesamaan visi untuk mensejahterakan para pihak yang ada didalam ekosistem KedaiSayur,” ujar Adrian.

Sementara itu, Co-founder dan CEO Olsera, Novendy Chen menyatakan bahwa Olsera sangat memahami betapa ketatnya persaingan yang dialami oleh para pengusaha UMKM, termasuk tuntutan konsumen akan produk yang berkualitas, enak, serta pengiriman yang cepat.

Oleh karena itu, Olsera terus mengembangkan fitur teknologi dan mengupayakan berbagai kolaborasi demi kemajuan bisnis para pelanggan setia Olsera.

“Kami menyambut baik kerjasama dengan KedaiSayur. Kualitas dari produk akhir milik merchant kami juga ditentukan dari baiknya kualitas pasokannya. KedaiSayur telah memiliki rekam jejak yang luar biasa baik dalam menyediakan kualitas bahan pangannya, sehingga akses langsung ke katalog KedaiSayur di dalam POS Olsera akan sangat memudahkan para merchant dan juga pengusaha yang akan datang,” tutur Novendy.

Ke depannya, berbagai kemudahan dan inovasi akan terus dikembangkan melalui sinergi kuat KedaiSayur dan Olsera, seperti meluncurkan offline store KedaiMart; yaitu puluhan toko belanja sayur buah siap muncul di berbagai belahan kota besar di Indonesia dan semakin dekat dengan para pelanggan setia KedaiSayur.

Selain itu, Sistem POS dari Olsera akan mengintegrasikan proses transaksi jual beli, perhitungan stok, hingga pelaporan bisnis yang lebih akurat. Para pecinta buah dan sayur dapat langsung membeli bahan-bahan segar dari petani, atau juga melakukan pemesanan secara online dan di pick-up langsung di toko terdekat.