Digelar selama empat hari yakni 24-27 Agustus 2023, Festival UMKM Sembada menghadirkan produk UMKM dari beragam bidang, antara lain kuliner, fesyen, botani dan masih banyak lagi. (Foto: Prokompim)

MNEWS.co.idFestival UMKM Sembada 2023 sukses menjadi wadah tumbuh dan promosi pelaku usaha kelas menengah di Sleman. Pameran bagi pelaku UMKM ini diharapkan mampu memperluas cakupan pasar produk Sleman ke jenjang yang lebih tinggi. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Haris Martapa menerangkan, Festival UMKM Sembada 2023 diikuti 130 UMKM dari kelas menengah. Digelar selama empat hari yakni 24-27 Agustus 2023, festival ini menghadirkan produk UMKM dari beragam bidang, antara lain kuliner, fesyen, botani dan masih banyak lagi.

Disambut animo yang semarak dari para pengunjung, perputaran uang di Festival UMKM Sembada sukses menembus angka Rp325 juta dalam kurun waktu empat hari. Angka ini jauh melebihi target transaksi yang ditetapkan yakni Rp250 juta.

“Jadi Festival UMKM Sembada ini digelar memang untuk memberikan kesempatan kepada UMKM untuk menggelar produknya. Ini UMKM yang grade-nya itu di tengah,” kata Haris dilansir MNEWS.co.id dari Harian Jogja.

Haris mengatakan, pada kelas menengah, usaha sudah mulai berkembang dan urusan perizinan pada kelas ini juga sudah tidak ada masalah.

“Produksinya dia juga sudah memiliki produksi yang rutin. Pasarnya mereka sudah punya,  tinggal nanti untuk inovasinya mereka yang perlu digenjot,” lanjutnya.

Lewat festival ini, Haris berharap UMKM bisa masuk ke kelas yang lebih tinggi dan berkembang. Ketika naik kelas, para UMKM bisa memberikan dampak yang lebih luas lagi. Misalnya menyerap lebih banyak tenaga kerja, memanfaatkan lebih banyak sumber daya di Sleman dan sebagainya.

“Harapan kami memang yang kelas ini segera bisa ekspor. Walaupun kenyataanya yang ada di sini misalkan fesyen itu sudah ada jaringan dengan Singapura, Malaysia, Thailand. Bahkan makanan ini ada yang sudah sampai Korea,” ungkapnya.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sleman, Budiharjo yang membacakan sambutan Wakil Bupati, Danang Maharsa mengungkapkan kemajuan suatu daerah dapat dilihat dari kemampuannya mengelola potensi wilayah.

Ia berharap penyelanggaraan festival ini dapat menjadi langkah strategis untuk mendorong potensi wilayah.

“Oleh karena itu berawal dari pelaksanaan Festival UMKM Sembada ini saya berharap ke depan dapat memantik berbagai kegiatan serupa yang mampu mengangkat potensi lokal,” jelasnya.