Pertamina memamerkan ratusan produk UMKM dalam kegiatan puncak kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BWI) yang berlangsung pada 5-6 Agustus 2023 di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). (Foto: Dok/Pertamina)

MNEWS.co.id – Dalam rangka memperkuat sinergi dan mendukung perekonomian lokal, Pertamina kembali memberikan dukungan nyata bagi pertumbuhan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Tengah dengan memamerkan ratusan produk lokal dalam kegiatan puncak kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BWI) yang berlangsung pada 5-6 Agustus 2023 di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng)

Kampanye ini menjadi momentum bagi ratusan UMKM lokal untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka, menciptakan peluang berharga dalam meningkatkan eksposur dan akses pasar bagi para pelaku UMKM di wilayah Sulawesi Tengah.

“Ini wujud nyata Pertamina dalam membangun kebanggaan masyarakat akan produk UMKM dan pariwisata lokal yang berkelanjutan lewat semarak BBI dan BWI di Sulteng,” kata Area Manager Communication Relation dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw dalam keterangan tertulisnya yang dikutip MNEWS.co.id dari Antara.

Di kegiatan ini, jelas Fahrougi, Pertamina membawa lebih dari 100 produk dari 24 UMKM yang berasal dari Rumah BUMN (RB) Kabupaten Toja Una-Una dan RB Kabupaten Parigi Mouting. Produk-produk tersebut terdiri dari sektor UMKM makanan dan minuman, kriya, serta fesyen.

Kegiatan yang mengusung tema “100 Persen Sulawesi Tengah” ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sulteng, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pertamina, dan BUMN lainnya.

Fahrougi mengemukakan, Gernas BBI dan BWI bertujuan supaya masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan produk karya anak bangsa serta mempromosikan produk lokal daerah yang berkualitas.

BBI dan BWI juga diharapkan mampu meningkatkan daya beli dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM.

“Pertamina juga berusaha untuk membantu penguatan UMKM dengan kebijakan yang berpihak pada pemberdayaan lokal dan terus konsisten mendukung UMKM lokal melalui berbagai program pembinaan,” ujarnya.

Diharapkan, melalui sejumlah inisiatif yang diintervensi oleh Pertamina, dapat memberikan dukungan bagi sektor UMKM dan industri pariwisata di Indonesia, sekaligus memberi inspirasi untuk merangsang semangat positif para pengusaha sehingga dapat berfungsi sebagai wadah promosi yang efektif dalam meningkatkan volume penjualan produk lokal, terutama yang sudah terintegrasi ke dalam ekosistem digital.

Berbagai inisiatif yang telah dihadirkan ini, sambungnya, dilakukan untuk mendukung pencapaian target 30 juta UMKM on boarding pada tahun 2024 yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir mengemukanan, kampanye Gernas BBI dan BWI selaras dengan upaya Pemprov dalam menjalankan pembangunan di sektor UMKM dan pariwisata melalui pencanangan Sulteng sebagai ‘Negeri 1.000 Megalith’ untuk kemajuan daerah yang lebih sejahtera.

“Saya berharap kampanye BBI dan BWI dapat meningkatkan jumlah unit artisan baik UMKM, IKM, maupun pertumbuhan popularitas destinasi pariwisata lokal,” ujarnya pula.

Wagub juga mengemukakan, Pemprov Dulteng berupaya membangun kesadaran dan kebanggaan masyarakat terhadap wisata lokal, termasuk membangun karakter bangaa buatan Indonesia sejak dini.