Jakarta, MNEWS.co.id – Putri Habibie, meresmikan program edukasi bagi perempuan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Peresmian program tersebut ditandai dengan episode perdana Panggung UMKM dilakukan secara daring dan disiarkan di YouTube Live, Rabu (3/11).
Segmen Panggung UMKM, merupakan aktivitas pembuka dari rangkaian program yang akan dilaksanakan Putri mulai awal 2022. Melalui segmen ini, koki profesional itu mengajak para perempuan pengusaha untuk belajar mengembangkan usaha rumahan dari cerita perjuangan pelaku UMKM yang diundang dalam segmen ini.
“Aku ingin Panggung UMKM ini menjadi sarana dan wadah untuk kita para pengusaha wanita saling support dan belajar dari satu sama lain,” kata Putri.
Dalam segmen perdana, Putri mengangkat kisah dari Ugi Sasmita, pendiri dan CEO dari brand Baso Aci hits asal Cimahi, MoikaFood. Usaha rumahan asal Cimahi, Jawa Barat, ini menawarkan makanan beku (frozen food) berbahan dasar aci, seperti baso aci, cireng, basreng, dan menu-menu lainnya.
Berawal dari menu yang ia sajikan di rumah saat tiba-tiba kedatangan tamu, Ugi akhirnya terinspirasi membuat baso aci, yang kini menjadi produk best seller di MoikaFood.
Kini, produknya sudah bisa dinikmati tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tapi juga di luar negeri, mulai dari Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Taiwan, Korea Selatan, Australia, hingga Amerika Serikat.
Dalam diskusinya bersama Putri di episode pertama Panggung UMKM, Ugi memaparkan empat poin penting yang wajib diperhatikan bagi mereka yang baru akan memulai bisnis kuliner.
“Yakni, perizinan untuk usaha dan untuk produk makanan, pengurusan sertifikasi halal, pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk merek produk, serta pengemasan produk,” tambah Putri.
Melalui Panggung UMKM, Putri berharap dapat membangun kepercayaan diri para calon wanita pengusaha lainnya untuk mulai mengembangkan usaha rumahannya.