Ilustrasi pelaku usaha. (Foto: Detik.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sektor kuliner menjadi salah satu pilihan terpopuler ketika seseorang ingin terjun ke dunia bisnis. Tapi, seringkali para calon pebisnis kuliner ini bingung ketika harus menentukan mau jualan apa.

Melihat hal ini, Frisian Flag Indonesia meluncurkan program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG® sebagai upaya untuk membangkitkan semangat kewirausahaan. Melalui program ini, FFI memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam membangun bisnis di bidang makanan dan minuman dengan memanfaatkan produk-produk Susu Kental Manis Frisian Flag.

Kedai Kreatif akan menjadi tempat berbagi ide kreatif dan menggali peluang usaha di bidang makanan dan minuman bersama komunitas dan para pelaku bisnis kuliner yang telah berpengalaman. Para pelaku UMKM akan mendapat pelatihan keterampilan usaha tentang prinsip pemasaran sederhana mencakup product, price, place, dan promotion yang dikaitkan dengan pemasaran digital.

Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro mengatakan FFI melalui program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG®, mendukung penuh pengembangan potensi UMKM di Indonesia, terutama di bidang makanan dan minuman.

“Pandemi menciptakan tantangan yang luar biasa terhadap dunia kerja dan usaha, termasuk UMKM di Indonesia. Kami ingin membantu UMKM agar tetap optimis, bertumbuh, dan berkembang, di tengah situasi saat ini melalui produk Susu Kental Manis Frisian Flag dan kerjasama dengan komunitas. Tidak hanya kreatif menciptakan produk dan memanfaatkan peluang usaha, kami juga ingin membangun kesadaran tentang pentingnya keamanan pangan di antara pelaku UMKM,” kata Andrew dilansir dari laman Frisian Flag Indonesia.

Pelaku UMKM adalah penggerak roda ekonomi di Indonesia. Ada 65,5 juta pelaku UMKM di Indonesia (Data BPS 2019) dan berkontribusi sebesar 60,51 persen terhadap Poduk Domestik Bruto di tahun 2020 atau senilai Rp 9.580 triliun (Data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2021).

Sektor UMKM juga menyerap 119,6 juta tenaga kerja atau 96,92 persen dari total tenaga kerja Indonesia, dan menghimpun hingga 60,42% dari total investasi.

Sebagai langkah pertama dari program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG®, FFI akan bekerja sama dengan komunitas Ibu Profesional untuk memberikan edukasi serta peningkatan kapasitas usaha kepada pelaku UMKM di wilayah Jabodetabek dan Provinsi Jawa Barat.

“Komunitas Ibu Profesional sangat antusias berpartisipasi dalam program Kedai Kreatif dan bekerja sama dengan FFI membangkitkan semangat UMKM yang dimotori perempuan,” kata Founder Komunitas Ibu Profesional,  Septi Peni Wulandani.

Peni menjelaskan program ini sejalan dengan komitmen Ibu Profesional dalam memberdayakan para ibu untuk menjadi agen perubahan sehingga keberadaannya bermanfaat  baik untuk diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitar.