Ilustrasi Sektor Pertanian. (Foto: Unsplash/Dan Meyers)
Ilustrasi Sektor Pertanian. (Foto: Unsplash/Dan Meyers)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sektor pertanian di Indonesia masih menjadi salah satu aspek penting sebagai roda penggerak ekonomi negara. Hal ini dikarenakan pertanian dari segi produksi menjadi sektor kedua paling berpengaruh setelah industri pengolahan. Sektor pertanian di Indonesia masih menjadi salah satu aspek penting sebagai roda penggerak ekonomi negara. Hal ini dikarenakan pertanian dari segi produksi menjadi sektor kedua paling berpengaruh setelah industri pengolahan. 

Saat ini sudah banyak bermunculan perusahaan yang memfokuskan membantu sektor pertanian serta para petani untuk menjadi maju, salah satunya adalah PT Semangat Bersama Entrepreneurship (M-Tani Group). M-Tani memiliki tujuan utama untuk memajukan pertanian Indonesia dengan  menggunakan metode budidaya dan pengolahan pertanian yang ramah lingkungan.

Madurita selaku Direktur M-Tani mengatakan, pihaknya bermitra dengan melakukan proses pendampingan yang diberikan kepada para petani, pembelian hasil panen, hingga penjualan hasil produksi.

Madurita selaku Direktur PT Semangat Bersama Entrepreneurship (M-Tani Group), saat menjadi narasumber acara Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2020 di Jakarta Convention Center Senayan, Kamis (12/3/20). (Foto: MNEWS)

“Para pendamping akan membantu para petani untuk melaporkan berbagai permasalahan yang terjadi dilapangan. Misalkan adanya hama-hama yang ditemukan, dan laporan tersebut akan diproses kedalam database kami. Database tersebut memiliki beberapa level yang diisi oleh para ahli dari organisme pengganggu tanaman (OPT),” katanya saat menjadi narasumber acara Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2020 di Jakarta Convention Center Senayan, Kamis (12/3/20).

Rita menambahkan nantinya melalui database tersebut para petani akan mendapatkan solusi, serta tindakan apa saja yang tepat untuk dilakukan secara realtime sehingga mereka tidak perlu menunggu.

M-Tani mempunyai metode pertanian secara keseluruhan mulai dari tahapan budidaya, panen, pasca panen, hingga pemasaran hasil panen melalui sistem kemitraan dengan petani. Selain itu juga mempunyai konsep pertanian berkelanjutan (Sustainable Agriculture), sehingga akan terus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani serta masyarakat secara menyeluruh.

Kegiatan ASAFF 2020 juga menghadirkan Frogs Indonesia yang merupakan sebuah startup asal Jogjakarta yang membuat taxi drone. Serta FishGo yang merupakan aplikasi solusi bagi nelayan tradisional untuk dapat mengetahui keberadaan ikan di lautan sehingga keberadaannya dapat diketahui melalui sebuah aplikasi.