Ilustrasi Akses Pemasaran. (Foto: Inews.id)

MNEWS.co.id – Strategi pemasaran menjadi faktor penting bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan mereka.

“Sebenarnya problem pelaku UMKM cuma satu yakni pemasaran. Kita harus bantu dan tentunya pelaku UMKM juga harus punya upaya,” kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta Diana Dewi dikutip MNEWS.co.id dari Antara.

Diana menyampaikan, masyarakat Jakarta dan sekitarnya perlu memahami bahwa produk dalam negeri (PDN) juga memiliki kualitas yang bagus. Sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih mencintai produk dalam negeri dibandingkan produk luar negeri.

“Jadi bagaimana teman-teman tidak lagi berpikir bahwa produk luar lebih baik dari produk kita, itu yang harus kita dorong,” ujar Diana.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta sebelumnya mempersilakan pelaku UMKM memanfaatkan fasilitas studio yang baru didirikan untuk mempromosikan produknya ke masyarakat.

Lebih lanjut, Diana mengatakan Kadin DKI Jakarta telah menerapkan pola kemitraan dalam berbisnis guna memajukan pelaku UMKM di Jakarta dan wilayah sekitar.

“Saya selalu menerapkan sistem kemitraan dengan para pelaku UMKM di mana mereka memiliki produk-produk seperti sayur-mayur, buah maupun produk olahan lainnya. Saya tidak membebani mereka harus membayar displai dan justru memperbolehkan pelaku UMKM mendisplai produknya di toko kami,” ucap Diana dikutip MNEWS.co.id dari sumber yang sama.

Adapun Dinas PPKUKM DKI Jakarta meluncurkan studio dan pusat komando (command center) di kantornya Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Studio ini merupakan wadah untuk menginformasikan berbagai layanan kepada masyarakat agar tersampaikan dengan baik. Lalu bisa menyampaikan kisah suksesnya yang dapat menginspirasi bagi para pelaku usaha lainnya,” kata Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo di Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Ratu menjelaskan, kehadiran studio dan pusat komando ini sebagai simbol dari upaya bersama untuk menciptakan ruang yang bermakna dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, kaitannya di sektor perindustrian, perdagangan, koperasi, dan UMKM.