Ilustrasi Diskon. (Foto: Pexels/Sora Shimazaki)

Jakarta, MNEWS.co.id – Saat menyambut Natal dan tahun baru yang identik dengan libur panjang, berbagai brand dan toko online berlomba menawarkan produk dan diskon spesial. Cara promosinya beragam, mulai dari billboard, konten endorsement hingga iklan di Instagram dan Facebook. Inilah yang disebut dengan Harbolnas atau program Hari Belanja Nasional.

Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Apabila merujuk pada sejarahnya di Indonesia, Harbolnas pertama kali digelar delapan tahun silam pada 2012, lebih tepatnya pada tanggal 12 Desember, yang kemudian dikenal dengan angka cantik 12.12.

Menjelang akhir tahun, pelaku usaha bisa mempersiapkan promo apa saja yang perlu dipersiapkan untuk turut memeriahkan Harbolnas. Dikutip dari Moka blog,ini dia beberapa tips yang bisa  dipertimbangkan agar persiapan promo Harbolnas 2020 berjalan dengan baik;

  • Antisipasi pesanan

Dalam menghadapi Harbolnas, tentunya Anda harus mempersiapkan produk yang akan dijual. Persiapan ini sangat penting karena Harbolnas dapat mendistribusikan produk atau layanan Anda ke banyak orang sekaligus. Meskipun kemungkinan rasio keuntungan per item tidak sebesar penjualan normal. Namun jangan khawatir, karena Anda tetap bisa mendapatkan rasio keuntungan besar dari banyaknya jumlah item yang terjual. 

Selain itu, perlengkapan pengemasan pun penting. Anda harus siapkan kardus, boks, lakban, alat tulis, bubble wrap, dan semacamnya. Kemudian, ketersediaan stok pun harus diperhatikan. Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan gara-gara kehabisan stok produk.

  • Gunakan marketplace

Marketplace bisa Anda jadikan sebagai sarana promosi bagi produk Anda, apalagi jika Anda adalah pelaku usaha pemula. Ini adalah ruang yang tepat untuk menunjukkan eksistensi brand produk Anda atau dikenal dengan metode kesadaran merek (brand awareness).

  • Manfaatkan media sosial

Belakangan ini, kekuatan media sosial tidak bisa dianggap remeh, termasuk untuk menjual produk. Menjelang promo Harbolnas 2020, media sosial bisa digunakan untuk sarana promosi. Dalam berpromosi di media sosial, Anda sebaiknya mengunggah konten pada waktu prime time di mana banyak orang sedang mengakses media sosial mereka.

  • Tampilkan testimoni pelanggan

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan keraguan dan ketakutan calon pembeli. Banyak calon pembeli yang enggan melakukan transaksi karena takut kualitas produk buruk atau penjual yang tidak terpercaya. Dengan menampilkan testimoni pelanggan lain, calon pembeli akan lebih percaya pada toko online Anda.

Itulah beberapa hal penting tentang promo Harbolnas 2020 yang perlu Anda ketahui sebagai pelaku bisnis.Berpartisipasi dalam Harbolnas bukan semata-mata memberikan diskon besar kepada konsumen. Tetapi juga dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi marketing. Bukan hanya meraih keuntungan, namun juga mendapatkan brand awareness.