Jakarta, MNEWS.co.id – Jika pelaku usaha sudah membangun bisnisnya, salah satu langkah selanjutnya adalah memperluas pangsa pasar. Hal tersebut berguna untuk semakin memperbesar usaha yang telah ada, karena jika pangsa pasar meningkat maka tentu permintaan akan semakin banyak. Sehingga jumlah produk yang dihasilkan juga harus meningkat, termasuk juga tenaga produksi akan meningkat.
Oleh karena itu, pertumbuhan sebuah usaha selain ditentukan oleh faktor internal juga oleh faktor eksternal, salah satunya adalah memperluas dan bersaing di pasar nasional.
Pasar nasional terbentuk seiring dengan proses tumbuh dan berkembangnya globalisasi perekonomian di Indonesia. Semua pelaku bisnis akan semakin berlomba-lomba memperebutkan pangsa pasar global tersebut. Dengan demikian, daya saing semakin menjadi kunci untuk keberhasilan, jika tak demikian maka perusahaan terancam “gulung tikar”.
Dalam menghadapi persaingan antar pelaku usaha, salah satu hal yang penting dipikirkan adalah mengenai strategi apa yang akan diambil. Pada umumnya rencana yang terbesit adalah strategi menurunkan harga. Hal ini sangat dimungkinkan karena memang masyarakat khususnya di Indonesia adalah konsumen yang masih sangat dipengaruhi oleh harga. Tetapi apakah strategi ini memang yang paling jitu? Belum tentu karena untuk menurunkan harga akan berpengaruh pada banyak hal dan ujungnya akan mengganggu marjin keuntungan perusahaan.

Anang Sukandar selaku Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia, menjelaskan beberapa kriteria yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha dalam bersaing di pasar nasional. Kriteria tersebut adalah usaha yang dijalankan telah berhasil dan menguntungkan, produk memiliki keunikan dan standar tersendiri, memiliki consumers base, memiliki gerai yang berhasil, serta usaha tersebut mudah dijalankan.
“Dengan menciptakan produk yang unik dan belum pernah digunakan sebelumnya, akan menambahkan nilai lebih pada produk Anda. Sebagai contoh misalkan bidang kuliner ada ayam goreng, bidang jasa pendidikan, bidang jasa retail, dan sebagainya,” ungkapnya saat menjadi narasumber dalam acara SMESTALK “Strategi Meraih Pasar Nasional” yang diadakan oleh Komunitas Sahabat UMKM bertempat di MULA by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square, Jakarta, Rabu (29/1/20).
Oleh karena itu, pelaku usaha harus bisa menciptakan ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Hal itu bertujuan aupaya jika suatu saat pelanggan mendengar salah satu ciri dari produk, maka dia akan langsung teringat pada produknya. Selain itu, pelaku usaha juga harus memkuskan pemasarannya dengan menonjolkan keunggulan produk.