Pemkab Serang Gandeng Indomaret Gelar Pelatihan untuk UMKM

Rasti R | 20 Februari 2020, 16:59 WIB

Serang, MNEWS.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) mengadakan pelatihan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Ratu Tatu Chasanah selaku Bupati Kota Serang menjelaskan pengembangan UMKM merupakan salah satu program yang menjadi prioritas pihaknya, untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Ia meminta kepada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Serang mengawal pengembangan UMKM hingga tuntas.

Pemkab Serang memiliki program yang dilakukan mulai dari hulu hingga hilir dalam mengembangkan pelaku UMKM, mulai dari berbagai pelatihan, pengemasan, standardisasi produk, permodalan, hingga pemasaran.

Dalam proses penjuala pihaknya tidak hanya bekerja sama dengan ritel Indomaret, namun juga memasarkan secara online melalui Bukalapak.com dan Blanja.com.

Pemkab Serang menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan jaringan ritel PT Indomarco Prismatama (Indomaret) yang dilakukan di sela-sela pelatihan UMKM di lapangan Tennis Indoor Pemkab Serang, Selasa (18/2/20).

Kegiatan tersebut juga menghadirkan talkshow bertema "Membangun UMKM Kabupaten Serang yang Kreatif dan Inovatif untuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat" dengan menghadirkan narasumber pengusaha entrepreneur muda, Nur Agis Aulia, dan dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Meutia.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UMKM RI, Fixy, perwakilan dari Jamkrida Banten, pengurus Kadin Kabupaten Serang, Kepala Disperindagkop Kabupaten Serang Abdul Wahid, dan ratusan pelaku UMKM se Kabupaten Serang.

Kepala Disperindagkop Kabupaten Serang, Abdul Wahid mengatakan, penandatangan MoU dengan Indomaret merupakan perpanjangan dari kerja sama sebelumnya.

Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Fixy mengatakan, bahwa untuk meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM perlu ada sinergitas antara program pemerintah pusat dan daerah. Saat ini, kata dia, para pelaku UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi di daerah.

Ia mengapresiasi program pengembangan UMKM yang digalakkan Pemkab Serang dari mulai pelatihan, permodalan, hingga pemasaran. "Hasil penelitian kami, UMKM di daerah lebih senang jadi juara bertahan. Kami berharap, UMKM di Kabupaten Serang harus lebih baik, harus naik kelas," ujarnya.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar