Ilustrasi UMKM. (Foto: IDX Channel)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk buatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penggunaan barang lokal diyakini bakal membangkitkan ekonomi negara setelah dihantam pandemi Covid-19.

“Ini sangat relevan dengan kebutuhan Indonesia, mendorong produk-produk dengan gerakan nasional bangga buatan Indonesia, yang merupakan salah satu program yang menjadi titik penting bagi kebangkitan UMKM di tengah derasnya arus digitalisasi,” kata Menteri Kominfo, Johnny G Plate.

Menurut Johnny, menggunakan produk dalam negeri bisa membantu keberlangsungan bisnis UMKM yang sedang didukung untuk masuk platform digital di tengah pandemi. Salah satu cara yang bisa dilakukan setiap orang untuk mendukung UMKM adalah dengan membeli dan memakai produk mereka.

Pondasi ekonomi nasional ditopang aktivitas UMKM, penyumbang 60 persen dari produk domestik bruto nasional. Pemerintah memberikan perhatian yang serius terhadap pengembangan pelaku UMKM.

“Pemerintah tentu mendukung dan mendorong agar pameran-pameran seperti ini dilakukan secara periodik, secara rutin,” kata Johnny.

Ia mendorong generasi muda melirik tenun-tenun lokal. Khususnya, peninggalan nenek moyang yang bisa dikreasikan menjadi busana masa kini.

Dalam sejumlah acara resmi, Johnny sering terlihat menggunakan setelan jas yang terbuat dari kain batik atau tenun. Gerakan nasional bangga buatan Indonesia merupakan salah satu program yang diluncurkan pemerintah pada masa pandemi demi mendukung penggunaan produk lokal dan keberlangsungan bisnis UMKM.

Program ini juga mendorong pelaku UMKM untuk masuk ekosistem digital dan berjualan online agar bisnis tetap berlanjut di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi. Hingga Oktober 2021, program ini mendorong 7,2 juta pelaku UMKM lokal untuk migrasi ke platform digital.