Rumah BUMN berikan bantuan alat produksi kepada UMKM di Natuna. (Foto: Dok/Rumah BUMN Natuna)

MNEWS.co.id – Alat produksi yang memadai sangat penting untuk meningkatkan kualitas produk UMKM. Dengan alat produksi yang baik, UMKM dapat menghasilkan produk yang lebih berkualitas, efisien, dan konsisten. Namun, banyak UMKM masih terkendala dalam meningkatkan kualitas produknya karena faktor keterbatasan alat produksi.

Langkah positif pun diambil oleh Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan memberikan bantuan berupa alat produksi kepada kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Kelompok UMKM yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Kelompok Usaha Maju Bersama dari Desa Binjai, Kecamatan Bunguran Barat; dan Kelompok Maju Bersama Desa Tanjung Batang, Kecamatan Pulau Tiga.

Fasilitator Rumah BUMN Kabupaten Natuna Ayundia Stianingsih mengatakan, pemberian bantuan tersebut diharapkan akan mempermudah para pelaku usaha memproduksi produk mereka.

Dengan memudahkan pekerjaan para pelaku usaha, harapnya, maka akan meningkatkan ekonomi pelaku usaha tersebut.

Bantuan yang diberikan kepada Kelompok Maju Bersama antara lain berupa alat penggiling adonan, sealer, dan alat pengering minyak. Sedangkan Kelompok Usaha Maju Bersama antara lain berupa alat pembuat kue bolu (10 unit), alat pembuat kue semprong (10 unit), sealer, mixer, timbangan digital, mesin parutan kelapa, dan toples.

“Kedua kelompok ini belum pernah menerima bantuan dari pihak mana pun,” jelas Ayundia.

Ia menambahkan, para kelompok tersebut memproduksi berbagai makanan olahan, mulai dari kerupuk, keripik, peyek, dan kue. Penerima bantuan merupakan kelompok binaan mereka.

“Kami ingin memajukan UMKM desa agar menjadi UMKM yang bisa bersaing dengan UMKM yang lain, serta kami juga berencana mau memasarkan produk mereka sampai ke luar Natuna, dari tingkat nasional maupun global,” pungkasnya.