Menparekraf Sandiaga Uno bersama pelaku UMKM lokal dalam acara "Kelana Nusantara" di Pizza Andaliman, Minggu (26/2/2023). (Foto: Dok/Kemenparekraf)

MNEWS.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pelaku UMKM di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, untuk meningkatkan kualitas produknya dengan memperkuat inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Dalam acara “Kelana Nusantara” di Pizza Andaliman, Minggu (26/2/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan suksesnya pelaksanaan kompetisi balap kapal cepat F1PowerBoat di kawasan Danau Toba, perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas produk pelaku UMKM, terutama dari subsektor kriya melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak.

“Saya yakin dengan F1PowerBoat dan pemberdayaan UMKM kita bisa menciptakan banyak peluang usaha dan lapangan kerja akan terbuka sehingga kesejahteraan masyarakat (Toba) meningkat,” kata Sandiaga.

Terlebih, Kabupaten Toba telah ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif melalui kurasi dari program Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif).

“Menurut saya produk-produk yang sudah terkurasi ini kualitasnya sudah memenuhi standar ekspor jadi jika kualitas ini semakin kita tingkatkan ke depan, (Balige) bisa (terpilih) menjadi (bagian dari) Unesco Creative Cities Network,” pungkas Sandiaga.