Ilustrasi produk batik Banyuwangi yang dihasilkan para pelaku UMKM ekonomi kreatif di kawasan Cluring. (Foto: Kemenparekraf)

MNEWS.co.id – Saat ini sektor pariwisata di berbagai daerah, termasuk Banyuwangi, mulai bangkit seiring dengan membaiknya kondisi pandemi COVID-19. Pemerintah pun mendorong pelaku ekonomi kreatif di Banyuwangi untuk memanfaatkan momentum dan peluang kebangkitan sektor pariwisata dengan meningkatkan potensi diri dan kualitas produk seiring mulai kembali naiknya angka kunjungan wisatawan ke salah satu kabupaten di Jawa Timur ini. 

Saat berkunjung ke acara pelatihan pelaku UMKM ekonomi kreatif Banyuwangi yang berlangsung di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin, Cluring, Senin (6/6/2002), Menparekraf mengatakan, ekonomi kreatif di Banyuwangi sudah sangat dikenal akan potensinya yang tinggi. Seperti produk batik Banyuwangi yang dihasilkan para pelaku UMKM ekonomi kreatif di kawasan Cluring. Kawasan ini memang dikenal sebagai salah satu sentra batik Banyuwangi. 

Pelatihan pelaku UMKM ekonomi kreatif Banyuwangi yang berlangsung di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin, Cluring, Senin (6/6/2002). (Foto: Kemenparekraf)

Kegiatan pelatihan ini dihadirkan guna mendukung peningkatan kapasitas para pelaku ekonomi kreatif dalam berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi.  

“Kami melihat banyak sekali ibu-ibu yang memiliki keunggulan dalam membatik dan ini kita persiapkan karena (pariwisata) Banyuwangi akan segera bangkit,” kata Sandiaga. 

Sandiaga mengatakan jika kunjungan wisatawan akan semakin banyak, karenanya, produk karya ekonomi kreatif harus terus dibangun agar memiliki daya saing dan menjadi oleh-oleh andalan.

“Dan saya harapkan UMKM bisa mengambil inspirasi dari program-program unggulan kita seperti desa wisata, ekowisata, juga pariwisata berbasis olahraga,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Sandiaga juga menjelaskan jika Kemenparekraf akan terus melakukan pendampingan, pelatihan, dan juga membantu akses pemasaran dari pelaku UMKM.

“Ke depannya secara holistik 360 derajat kita bantu pembiayaannya agar kekayaan ekonomi kreatif ini berkelanjutan,” kata Sandiaga.