Pameran 13E 2019 Menghadirkan 404 Produk Inovasi Buatan Lokal

Rasti R | 09 Oktober 2019, 12:20 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Kemenristekdikti mengadakan pameran Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) yang diadakan pada 3 – 6 Oktober 2019 di Jakarta Convention Center Hall B.  Pembukaan pameran itu dilakukan secara simbolis oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi , Mohamad Nasir, bersama jajaran Kemenristekdikti dengan cara menerbangkan pesawat kertas. Prosesi tersebut dilakukan sebagai penghormatan kepada Mantan Menristek serta Presiden RI ke-3, almarhum B.J Habibie.

Nasir mengatakan pameran 13E ini juga merupakan salah satu upaya dalam memperkenalkan dan menanamkan kecintaan teknologi dari perusahaan rintisan inovatif kepada masyarakat. Pameran 13E diadakan setiap tahun sejak 2015 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, untuk tahun ini mengusung tema Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa. 

"Pameran 13E 2019 diharapkan akan dapat menjembatani kebutuhan masyarakat untuk membuka akses teknologi serta dapat lebih memahami perkembangan teknologi di tengah situasi dan kondisi lingkungan usaha yang semakin dinamis dan kompetitif," ungkap Nasir.

Nasir juga memiliki target dalam lima tahun lagi, startup binaan Kemenristekdikti akan mencapai 4.900 tenants. "Tahun 2020 sampai 2024 ini harus sampai tiga kali lipat. Kalau sekarang 1.307, berarti di tahun 2024 di angka sampai 4.900," tambahnya.

Jumain Appe, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, mengatakan pameran ini menampilan 404 produk inovasi dari program pendanaan PPBT, produk inovasi dari program pendanaan calon perusahaan pemula berbasis teknologi (CPPBT), dan 23 produk inovasi dari pendanaan Inovasi Industri yang semuanya adalah buatan karya anak bangsa. 

Pameran 13E ini juga menghadirkan seminar bisnis dan teknologi untuk dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan bagi perusahaan startup ataupun yang sedang menyusun rencana membangun perusahaannya. Ada juga talkshow business coaching, kompetisi ide dan konsep inovasi teknologi, dan speed dating.

Jumain menjelaskan bahwa sesi speed dating merupakan sarana untuk memfasilitasi pertemuan antara investor dengan perusahaan startup. 

Pameran 13E menargetkan 36.000 pengunjung yang terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa, komunitas perusahaan perintis, serta para pelaku bisnis, dan investor.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar