UMKM Trasty Handicraft berdayakan perempuan lewat Komunitas Tangan Terampil. (Foto: Pertamina)

MNEWS.co.id – Perempuan berperan sangat penting dalam membangun bangsa di keadaan yang sulit sekalipun. Perempuan juga memiliki peran yang strategis dalam menciptakan peluang usaha, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri acara peringatan Hari Ibu di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (20/12/2023), dengan mengusung tema “Perempuan Tangguh Menuju Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Inklusif”.

“Ini yang ingin kita hadirkan karena dalam situasi ekonomi penuh dengan tantangan, peran perempuan semakin strategis untuk bisa tetap menciptakan peluang usaha dan kebangkitan sektor ekonomi terutama pascapandemi, karena perempuan-perempuan hebat, perempuan mandiri inilah yang membawa satu semangat optimisme terus bangkit dan berjuang,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Begitu juga peran perempuang di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf sangat sentral dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

“Di Kemenparekraf bukan hanya di kementerian tetapi di seluruh lintas pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif, peran perempuan sangat sentral, menjadi tulang punggung dan hari ini kita rayakan dengan semangat perempuan tangguh dalam pariwisata dan ekonomi yang inklusif,” kata Menparekraf. 

Menurut Sandiaga, perempuan tangguh dalam industri pariwisata memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang ramah bagi semua orang, tanpa memandang latar belakang, gender, atau kemampuan.

Pada kesempatan ini, Menparekraf Sandiaga didampingi istri, Nur Asia Uno, yang juga memberikan pesan khusus kepada perempuan di Indonesia.

 “Harus lebih bersyukur dan semangat menghadapi masa depan. Insya Allah ibu-ibu Indonesia akan lebih kuat untuk sabar dan tegar,” kata Nur Asia Uno. 

Sementara itu, Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, menyampaikan, perempuan menjadi pilar utama dalam membuka pintu menuju keindahan dan keragaman destinasi pariwisata, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap wisatawan. 

Sedangkan di sektor ekonomi kreatif, perempuan di Indonesia telah terlibat secara signifikan dalam bidang ekonomi kreatif dan UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional. 

“Mereka telah menunjukkan ketangguhan dalam berbisnis di tengah krisis dan telah menjadi penopang ekonomi, terutama selama pandemi COVID-19,” kata Sesmenparekraf Ni Wayan Giri.