Menkop Teten Persiapkan Langkah untuk Menumbuhkan Sektor UMKM

Rasti R | 14 Januari 2020, 17:31 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ingin tumbuhkan jiwa wirausaha dikalangan masyarakat untuk kembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

"Di sektor mikro saya kira banyak juga inisatif usaha yang harus kita pupuk, untuk menumbuhkan enterpreneurship di kalangan masyarakat, nanti kita akan ada kampanye untuk terus mendorong mereka untuk berani berusaha," kata Teten saat rapat bersama komite 4 DPD RI, Jakarta, Selasa (14/1/20).

Teten menjelaskan mengenai susunan kedudukan UMKM dalam perekonomian, yakni sebelumnya susunan tersebut berbentuk piramida terbalik, yang menunjukkan bahwa sektor formal belum berkembang dengan baik, untuk memberikan penghidupan lapangan kerja.

Memang sebelumnya pihaknya diminta oleh Presiden Jokowi untuk menaikkan kelas UMKM, dengan melakukan pengawasan terhadap pembangunan UMKM nasional.

"Naik kelas bukan berarti konglomerasi, tapi bagaimana kegiatan ekonomi nasional itu lebih banyak dilakukan oleh UMKM. Oleh karena, itu maka pendekatan kami yang didorong sebenarnya untuk naik kelas di sektor kecil dan menengah. Kalau ditengahnya perkembangan nya baik maka penghidupan masyarakat akan baik," ungkapnya

Selanjutnya, Ia pun memproyeksi untuk ke depan terkait struktur atau susunanan UMKM berubah menjadi piramida yang gemuk di tengah.

"Tapi kami ingin gemuk di tengah, ini penting untuk menjawab soal kesenjangan ekonomi antara usaha yang besar dengan yang kecil, yang secara politik membahayakan demokrasi kita di masa depan," kata Teten.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar