Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Katadata)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan meminta seluruh pejabat di pusat dan daerah untuk menggunakan produk dalam negeri (lokal). Tujuannya sebagai contoh kepada masyarakat, supaya semakin bangga dengan produk lokal.

Luhut mengatakan sudah saatnya produk lokal hasil Industrik Kecil Menengah (IKM) hingga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menguasai pasar dalam negeri. Pemerintah pun memberi contoh guna mendorong produk dalam negeri.

“Dalam realisasi paket pengadaan sekitar Rp321 triliun bagi UMKM dari total Rp738 triliun melalui sistem belanja APBN dan LKPP,” katanya.

Ia juga mengapresiasi Kementerian Perindustrian yang membuat kampanye Buatan Indonesia. Sebab, ini sebagai bentuk gotong royong semua pemangku bagi pelaku IKM dan UKM untuk masuk pasar digital. Gerakan ini mengakselerasi perputaran ekonomi dan pemerataan ekonomi dan menunjukan keberpihakan bagi produk dalam negeri buatan anak bangsa.

Kemudian Luhut mengajak para pejabat pusat maupun daerah untuk bisa jadi contoh masyarakat dalam membeli produk lokal. Khususnya dalam kebutuhan pribadi. “Selain itu, setiap pejabat pusat dan daerah harus nyata menunjukkan keberpihakan dan jadi role model untuk beli produk dalam negeri untuk kebutuhan pribadinya,” kata Luhut.

Soal kampanye Bangga Buatan Indonesia sendiri, Luhut menjelaskan bahwa gerakan ini bisa mengakselerasi putaran ekonomi dan meningkatkan keberpihakan pada produk lokal. Kampanye ini juga diharapkan mampu meningkatkan penggunaan barang produksi dalam negeri.

“Gerakan ini adalah bentuk akselerasi putaran ekonomi dan meratakan pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga untuk meningkatkan keberpihakan kita terhadap produk lokal,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here