UMKM bubuk minuman kembangkan pasar online. (Foto: Indopowder)

Jakarta, MNEWS.co.id – Masa pandemi Covid-19 telah menghantam banyak bisnis para pelaku usaha. Akibatnya, usaha menjadi tergerus, sehingga memaksa para pengusaha untuk mengambil keputusan terberat, mulai dari pengurangan karyawan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Salah satunya dialami oleh Heilman, seorang pelaku UMKM yang menjalani bisnis sebagai pemasok bubuk minuman berkualitas dengan mengusung nama IndoPowder. Ia mengakui, masa pandemi sangat memengaruhi bisnisnya. Penjualan yang merosot tajam memaksa Heilman untuk dapat beradaptasi dengan keadaan.

Tak putus asa, di tengah keterbatasan ruang gerak manusia, tren belanja online yang meningkat menjadi salah satu peluang yang segera dimanfaatkannya selama pandemi. Heilman pun semakin memperkuat bisnis online-nya di Shopee.

Heilman menyiasatinya dengan memutar otak, merancang strategi penjualan baru, seperti menambah beberapa varian produk serta pembuatan ukuran kemasan baru, hingga mengikuti berbagai kampanye yang ditawarkan Shopee. Alhasil, usaha yang ia lakukan untuk mempertahankan bisnis akhirnya berbuah manis.

Dengan usia bisnis yang masih terbilang muda, yakni tiga tahun, performa toko IndoPowder menurutnya telah melebihi ekspektasi. Ia mengakui bahwa jumlah penjualan bubuk minumannya di Shopee mengalami peningkatan dua hingga tiga kali lipat dibandingkan penjualan di e-commerce lain.

Tak hanya itu, tokonya juga mendapatkan predikat “Star Plus” dengan jumlah total 87 ribu pengikut. Sebuah pencapaian yang membanggakan Heilman pribadi sebagai pendiri usaha tersebut.

Awal mula Ia menjalankan bisnisnya karena di PHK di perusahaan multinasional tempatnya bekerja. Saat itu, dia merupakan seorang pegawai swasta yang berada di posisi puncak manajemen pada 2018. Namun, kekecewaan tersebut tidak mematahkan semangatnya, Heilman justru menjadikannya cambuk untuk mewujudkan mimpi membangun bisnis yang ia genggam sejak duduk di bangku kuliah.

Berbekal uang pesangon, pengetahuan, serta pengalaman berjualan, Heilman mulai mencoba peruntungannya dalam menjalani bisnis sebagai pemasok bubuk minuman. Tren es kepal milo menjadi titik balik bisnis yang ia jajaki, yakni dengan viralnya minuman es berlumur cokelat itu banyak dijajakan oleh para pelaku UMKM di ibu kota. Permintaan bubuk minuman dari IndoPowder pun meningkat pesat. Sehingga nama usaha yang digagas Heilman menjadi semakin dikenal di kalangan pedagang minuman.

Semangat dan kegigihan Heilman membawa IndoPowder kian berkembang pesat. Hingga 2021, IndoPowder memiliki 32 agen dan distributor di berbagai wilayah Indonesia di antaranya Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Kesuksesan Heilman dalam hal penjualan tak terlepas dari ketekunannya membangun bisnis di pasar online. Shopee menjadi salah satu pasar daring yang dipilih untuk semakin mengembangkan bisnisnya. Ia mulai merasakan perubahan positif pada bisnisnya ketika ia bergabung menjadi salah satu pedagang Shopee. Penjualan yang meningkat dan mendapatkan konsumen loyal adalah beberapa manfaat yang dirasakan ketika dagangannya digelar secara online di pasar digital Shopee.

Namun, Heilman tak berpuas diri dengan pencapaian yang telah diraihnya dengan terus belajar dan aktif berpartisipasi dalam berbagai program penjualan yang diselenggarakan Shopee. Salah satunya yakni keikutsertaan IndoPowder dalam fitur terbaru Shopee bernama #ShopeePilihLokal.

Dengan partisipasinya tersebut, IndoPowder tak hanya mendukung program pemerintah untuk lebih mengapresiasi dan mengkampanyekan penggunaan produk lokal, namun juga dapat meningkatkan online presence di Shopee, sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan dapat membantu keberlangsungan bisnis UMKM lokal lain.

Selain itu, Heilman juga mengikutsertakan IndoPowder dalam kampanye 6.6 Kuliner Viral Day yang digelar pada 29 Mei-6 Juni 2021. IndoPowder ikut memberikan promo yang dapat dinikmati untuk membeli produk yang dijajakan.

Ia optimistis dengan bantuan Shopee, dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan bisnisnya bisa menjadi salah satu pemimpin pasar untuk penjualan produk bubuk minuman. Dapat menjangkau pulau-pulau terpencil di Indonesia seperti Papua, merupakan impian selanjutnya dari Heilman bagi IndoPowder.

Hilman berpesan agar para pelaku UMKM lokal yang sama-sama sedang merintis bisnis, untuk selalu dapat melihat peluang dari setiap masalah yang sedang dihadapi. Hal ini salah satunya dapat diwujudkan dengan cara bergabung menjadi penjual di Shopee.