Natamukti Award 2019, Ajang Kepedulian Kepala Daerah dalam Kemajuan UMKM

Rasti R | 08 Oktober 2019, 10:40 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Penyelenggaraan Natamukti Award 2019 yang bertema "Galang UMKM Indonesia" diadakan oleh International Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Kegiatan ini dinilai dapat menjadi indikator mengenai kepedulian kepala daerah kepada UMKM. Acara ini diadakan di IPB International Convention Center, Bogor, Senin (7/10/19)

Rully Indrawan, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan bahwa perhatian kepala daerah mengenai pengembangan UMKM tiap tahun semakin membaik dan terus meningkat. Jika keadaan ini dikoordinasikan dengan baik, diyakini UMKM berkembang lebih baik dan menjadi identitas kuat bangsa Indonesia.

“Karenanya, perlu rutin diadakan kegiatan yang mempertemukan para pelaku UMKM dan pemerintah, dan investor, termasuk kegiatan pemberian penghargaan sehingga berbagai regulasi pemerintah yang pro UMKM turut tersosialisasikan. Jika ingin maju, maka kembangkanlah UMKM,” kata Rully.

Penghargaan Natamukti merupakan kegiatan keempat yang diadakan pertama kali pada tahun 2016 di Denpasar, Bali. Penghargaan diberikan kepada kota ataupun kabupaten yang memang berhasil mempromosikan UMKM lokal, meningkatkan kualitas produk UMKM, dan membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Hermawan Kartajaya, Chairman International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, menjelaskan bahwa kegiatan ini mendapatkan sambutan yang positif dari kepala daerah. Selain itu juga menarik perhatian berbagai pihak untuk melakukan pengembangan dan meningkatkan kelas UMKM.  “Pengakuan terhadap Penghargaan Natamukti muncul dari berbagai pihak. Tahun ini saja mendapat sponsor dari Bank BRI. Suatu pencapaian yang sangat baik meski baru empat kali diadakan. Masih termasuk baru,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, dengan penghargaan yang diberikan para pelaku UMKM dapat merasa terapresiasi atas upaya yang sudah dilakukan. Selain itu juga memberikan motivasi ke beberapa pihak untuk semakin peduli dengan UMKM ataupun UKM.

Natamukti Award terbagi ke dalam beberapa kategori yaitu, Natamukti, Natamukti Nindya, dan Natamukti Ganapravara. Penghargaan Natamukti Nindya diberikan kepada Kota atau Kabupaten yang terbaik dalam meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan pada tingkat nasional dan internasional.

Sementara penghargaan Natamukti Ganapravara, diberikan kepada pemenang Natamukti Nindya yang memiliki kinerja yang bagus setelah mendapatkan Natamukti Nindya.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar