Ilustrasi. (Foto: Pexels)
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kolaborasi antara GoPay sebagai layanan uang eletronik bersama perusahaan logistik yakni JNE, semakin mempermudah para pedagang daring salah satunya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam bertransaksi pengiriman barang.

Ardelia Apti selaku Head of Offline Payments GoPay, mengatakan bahwa GoPay selalu percaya bahwa kolaborasi mereka bisa bersama-sama untuk membangun ekosistem yang lebih kuat dan memberikan dampak sosial ke masyarakat dengan lebih luas. Kerja sama antara GoPay dan JNE diharapkan dapat membantu pelaku UMKM khususnya pedagang online agar ikut merasakan manfaat pembayaran nontunai sehingga ke depannya perekonomuan mereka dapat ikut terbantu.

Ardelia menambahkan bahwa ekonomi digital yang sedang dijalankan oleh para pedagang daring memiliki kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan sektor logistik dan begitupun sebaliknya. Industri jasa logistik pun juga sangat membantu para pedagang online termasuk UMKM untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. 

“Sejalan dengan semangat kami untuk membantu memaksimalkan potensi UMKM, kami berharap kehadiran GoPay di semua kantor JNE di seluruh Indonesia bisa semakin memudahkan mereka dalam bertransaksi pengiriman barang,” ujar Ardelia.

Berdasarkan hasil laporan McKinsey menjelaskan bahwa pada tahun 2022 mendatang, pasar jual beli online akan mengalami pertumbuhan yang lebih besar yakni delapan kali lipat bila dibandingkan tahun 2017.  Selain itu untuk penjualan dari sektor jual- beli secara daring juga diproyeksikan bisa mencapai 40 miliar dolar AS atau sekitar Rp572,92 triliun (kurs Rp14.423 per dolar AS).

Ardelia mengungkapkan bahwa salah satu faktor utama yang dapat mendorong pertumbuhan tersebut di Indonesia ialah semakin meningkatnya partisipasi para pelaku UMKM di pasar digital. Selain itu juga menciptakan ekosistem di mana konsumen dapat memiliki lebih banyak pilihan produk dan juga opsi layanan pengiriman yang dapat diandalkan.

Eri Palgunadi selaku VP of Marketing JNE mengatakan pihaknya selalu berupaya untuk selalu meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat dan juga menjangkau semua kebutuhan pelanggan. “Dengan kolaborasi ini, pelanggan JNE bisa melakukan transaksi untuk pengiriman paket menggunakan GoPay di semua titik layanan JNE yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dengan menggunakan pembayaran melalui GoPay, para pelanggan JNE akan menikmati promo cashback sebesar Rp5.000.