Kolaborasi BRI dan Google Gelar Hackaton Guna Mendukung UMKM Go Digital

Rasti R | 11 Februari 2020, 17:27 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Bank Republik Indonesia (BRI) menunjukkan komitmennya dalam mendukung perkembangan digital ekonomi di sektor Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM). Bekerja sama dengan Google, kali ini Bank BRI mengajak para pelaku ekonomi digital untuk mengembangkan UMKM melalui digitalisasi.

Kegiatan bertajuk 'BRIxGoogle Hackaton' tersebut dilaksanakan pada 10-11 Februari 2020 di tiga kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo mengatakan langkah tersebut diharapkan dapat mendorong kolaborasi antara para penggiat teknologi dengan BRI melalui BRIAPI dan Google Cloud dalam membangun platform untuk pengembangan UMKM di Indonesia.

"BRI berkolaborasi dengan Google untuk mengumpulkan para pegiat teknologi. Kami ingin membangun sebuah aplikasi atau platform dalam hitungan jam, sebagai solusi atas permasalahan di sektor UMKM," katanya.

Acara BRIxGoogle Hackaton diikuti oleh 20 besar peserta yang lolos dari proses penjurian. Para peserta telah mengikuti technical meeting di kota tempat peserta terdaftar dan dibekali penjelasan mengenai produk-produk BRI sebagai metode pembayaran, cara integrasi menggunakan BRIAPI, dan teknis menggunakan Google Cloud.

Dalam prosesnya, peserta kemudian diberikan waktu dua minggu untuk menyempurnakan ide awal sebelumnya menjadi aplikasi yang sudah jadi, menggunakan BRIAPI dan Google Cloud.

"Acara ini merupakan rangkaian Hackaton yang dilakukan Google untuk mengoptimasi para startup agar lebih mudah mengintegrasikan dengan sistem BRI. Kami berharap para pelaku ekonomi digital mampu mendukung upaya digitalisasi ekonomi dengan pemberdayaan UMKM, sekaligus memunculkan aplikasi-aplikasi yang mampu menjawab permasalahan para pelaku UMKM," ujarnya.

Sebagai informasi, BRIAPI adalah produk yang memungkinkan pihak ketiga untuk menggunakan fitur atau fungsi layanan finansial dari Bank BRI dalam platform mereka. Penerapan BRIAPI mengukuhkan Bank BRI menjadi menjadi bank dengan system open API pertama di Indonesia yang bersertifikasi ISO 27001.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar