Ilustrasi Fashion. (Foto: Unsplash/Lauren Fleischmann)
Ilustrasi Fashion. (Foto: Unsplash/Lauren Fleischmann)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menggandeng Indonesian Fashion Chamber (IFC). Kegiatan ini bertujuan agar bisa mendatangkan buyer asing melalui penyelenggaraan acara skala internasional secara rutin, demi memasarkan produk UKM berbasis halal termasuk fesyen Muslim dan kuliner.

Ali Charisma selaku National Chairman IFC mengatakan, untuk pengembangan bisnis, IFC sudah memiliki perhelatan Muslim Festival (Muffest) yang diharapkan bisa diadopsi sekaligus dikolaborasikan dengan program di Kemenkop UKM.

Menurutnya Indonesia memang harus memiliki acara berskala internasional secara rutin setidaknya dua kali dalam satu tahun. Supaya dapat mendatangkan buyer asing.

IFC yang mewadahi sekitar 400 brand lokal yang sebagian besar UKM pun, lanjutnya, mengaku sangat terbantu jika ada pameran atau festival yang mendatangkan buyer asing. Dengan begitu tidak perlu melakukan branding langsung di luar negeri yang memakan biaya besar.

Maka atas dasar itu, IFC menyatakan siap berkolaborasi dengan Kemenkop UKM agar bisa menggelar berbagai acara promosi skala internasional.

“Kami berharap bisa berkolaborasi di pembentukan koperasi yang bisa melahirkan brand. Diharapkan brand tersebut bisa bersaing dengan brand-brand yang sekarang menguasai pasar internasional,” katanya.

Selama ini IFC selalu menghadirkan karya produknya pada kekuatan lokal supaya memiliki pembeda yang khas dengan brand internasional. Organisasi tersebut dalam mewadahi anggotanya juga melakukan sejumlah program untuk anggotanya di antaranya inkubasi, pelatihan, serta pengembangan bisnis.

Victoria Simanungkalit, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan, pihaknya turut menggandeng kementerian lain  seperti Kementerian Luar Negeri demi menyelenggarakan event berskala internasional. Ini sekaligus mendukung pelaku UMKM yang tergabung dalam IFC.

Pihaknya sendiri memiliki event bertajuk Halal Festival yang juga akan digelar seiring agenda Halal Summit yang diinisiasi Kemenlu dan akan mengundang banyak buyer asing.Dengan begitu tahun ini akan dapat digelar dua event skala dunia yakni Muffest 2020 pada 20 Februari 2020 di Jakarta dan Halal Festival 2020 pada 25 Oktober sampai 2 November 2020 di JCC Jakarta.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memperluas jaringan pemasaran pelaku UKM di Indonesia termasuk anggota IFC yang kemungkinan ada sekitar 700 sampai 1000 brand lokal.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap dapat dilakukan kolaborasi yang lebih konkret sehingga produk UKM yang berbasis halal termasuk fashion Muslim semakin luas jangkauan pasarnya.