Jakarta,MNEWS.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggandeng Google Indonesia untuk mendorong dan melatih UMKM pariwisata dalam program Gapura Digital Wonderful Indonesia agar memanfaatkan platform digital untuk usahanya.
Pelatihan tersebut bertujuan untuk mendukung UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dalam memajukan bisnis melalui platform digital agar dapat menentukan target bisnis dan sasaran yang tepat di masa pandemi virus Corona.
“Manfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, para peserta dapat aktif memberikan pertanyaan dan berdiskusi dengan narasumber dalam setiap sesi pelatihan, diharapkan nantinya hasil pelatihan benar-benar bisa diimplementasikan dalam pengembangan usaha yang sedang dijalani,” kata Reza Rahmana Kaloka, Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Regional II, yang mewakili Direktur PSDM Pariwisata.
Reza berharap Pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia mampu meningkatkan kompetensi pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi.
Sementara itu, Head of Public Affairs Asia Tenggara, Google, Ryan Rahardjo, menyatakan, Google berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia secara keseluruhan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya dengan memberikan akses pelatihan digital secara gratis untuk para pelaku UMKM.
“Saya pribadi juga sangat senang dengan adanya pelatihan ini terutama juga untuk rekan-rekan semua, karena ini wujud dari komitmen jangka panjang Google juga untuk membantu pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata Indonesia, terlebih di tengah masa pandemi seperti ini,” kata Ryan.
Terdapat 240 peserta terpilih, baik pelaku UMKM maupun pelajar, yang mengikuti program pelatihan online UMKM pariwisata Gapura Digital Wonderful Indonesia. Program tersebut akan dibagi menjadi 6 sesi kelas online pada periode waktu 23 September sampai 5 November 2020.
Dalam program pelatihan online UMKM pariwisata tersebut, para peserta akan mempelajari lima modul khusus bisnis pariwisata dari para fasilitator Gapura Digital yang berpengalaman, di antaranya membangun bisnis pariwisata online, membangun keberadaan online dan meningkatkan efisiensi bisnis, pemasaran digital untuk industri pariwisata, meningkatkan pemasaran digital dengan iklan dan analitik, dan pentingnya strategi rekrutmen di masa Covid-19.
Ia berharap pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia ini dapat membantu pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar bertransformasi ke digital secara cepat, memahami tren digital yang terus berkembang, dan memanfaatkan teknologi digital untuk menangkap peluang ekonomi dalam menghadapi situasi saat ini.
“Kami berharap setelah selesai ikuti pelatihan ini bisnis UMKM terus meningkat. Dan, pastinya terhubung dengan keuntungan yang lebih mudah dan bekerja yang lebih efisien,” ungkapnya.