Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit, di acara Jogja Gumregah Ekshibisi UMKM Bangkit Merdeka, Minggu (13/9/20). (Foto: Liputan 6)

Yogyakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengadakan Eksibisi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Bangkit Merdeka di Yogyakarta, Minggu (13/9/20).  Acara ini bertujuan untuk memberikan stimulus dan motivasi kepada pelaku UMKM agar bisa bertahan di masa pandemi.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan stimulus dan motivasi kepada pelaku UMKM untuk bisa bertahan menghadapi Covid-19 dan tetap eksis, serta menciptakan UKM yang mampu bertahan dan bangkit dan tetap eksis dalam situasi new normal yang kita harapkan agar akan segera terealisir,” kata Victoria Simanungkalit, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM.

Kemenkop UKM berharap melalui kegiatan ini dapat memperkuat hubungan kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku usaha, komunitas, seniman serta masyarakat pada umumnya serta mendukung kegiatan Bangga Buatan Indonesia.

Victoria mengatakan pameran tersebut diikuti oleh 20 produk UMKM kreatif keunggulan wilayah Yogyakarta yang terdiri dari produk pangan, kriya, fashion dan hobi, tiga di antara UMKM tersebut merupakan binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kami Kemenkop UKM dalam melaksanakan kegiatan ini bekerja sama dengan Dekranasda untuk mengangkat dan menaklukkan mereka yang memang kebanyakan UMKM kreatif, jadi kita kolaborasikan dan eksibisi ini merupakan serangkaian kegiatan promosi dan aktivasi ekonomi lokal yang dilaksanakan di 4 kota,” katanya.

Victoria mengatakan sebelumnya eksibisi ini telah dilaksanakan pada minggu lalu di Denpasar, dan hari ini di Yogyakarta, selanjutnya akan dilaksanakan di Bandung, dan Jakarta dengan memperhatikan situasi yang sedang berkembang saat ini.

“Kegiatan ini kami berharap dengan ekonomi yang bergerak ini juga kesehatan bisa kita jaga, sehingga tidak meningkatkan risiko-risiko yang akan merugikan ekonomi lokal itu sendiri,” tambah Victoria.

Dukungan Kemenkop UKM kepada upaya aktivasi ekonomi lokal di tengah masa pandemi Covid-19 memberikan momentum kembali terhadap penguatan ekonomi Indonesia dan menggerakkan perekonomian komunitas maupun lokal, yang diharapkan bergulir serta memberikan dampak berkelanjutan kepada perekonomian nasional.