Kemendag Luncurkan Good Design Indonesia 2021, Ajang Tingkatkan Desain Produk Ekspor Indonesia. (Foto: Dok. Kemendag)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Perdagangan kembali menggelar ajang Good Design Indonesia 2021 yang diluncurkan pada Selasa (6/10/20) secara virtual dari Kantor Kementerian Perdagangan di Jakarta. Ajang yang merupakan kerja sama Kemendag dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO) ini bertujuan untuk meningkatkan desain produk ekspor Indonesia.

“Kolaborasi ini diharapkan akan meningkat kualitas dan nilai produk lokal Indonesia sehingga dapat diterima di pasar global. Diharapkan seluruh masyarakat, khususnya pelaku bisnis, produsen/eksportir, desainer, dan akademisi untuk menciptakan suatu produk ekspor yang bernilai dan berkualitas, serta mampu bersaing di GDI 2021,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto saat membuka acara launching Good Design Indonesia (GDI) 2021 secara virtual, Selasa (6/10/20).

Agus mengajak para pelaku usaha untuk meningkatkan desain produk ekspor. Hal ini dipercaya akan memberikan nilai tambah dan daya saing di pasar global. “Kemendag mengajak pelaku usaha terus melakukan berbagai terobosan yang tidak biasa dan inovatif dalam meningkatkan ekonomi dan perdagangan di masa pandemi Covid-19,” tambahnya.

Adapun program GDI akan memberikan peluang usaha akses pasar bagi desainer dan eksportir Indonesia menuju pasar global. Para pelaku usaha terpilih bakal difasilitasi dari sisi promosi untuk mengikuti pameran Trade Expo Indonesia (TEI), serta ditampilkan pada Katalog Produk Pemenang yang didistribusikan kepada para Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI).

“Produk dan desain tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan ekspor dan ekonomi nasional serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” ujar Agus.

Agus menambahkan Kemendag akan terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi yang tidak biasa untuk meningkatkan akses pasar dan mengembangkan ekspor nonmigas. Kemendag juga akan mengambil langkah konkret dan strategis dalam meningkatkan kinerja ekspor nonmigas agar tercapai tren pertumbuhan ekspor positif. Salah satunya, dengan peningkatan daya saing dan pengembangan produk ekspor melalui penguatan dan optimalisasi dan implementasi programprogram unggulan untuk ekspor melalui ‘Indonesia Design Development Center (IDDC)’.