Sambutan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam acara Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri 2019, di Thamrin City, Jakarta Pusat, Sabtu (07/12/19). (Foto: Kompas.com)
Sambutan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam acara Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri 2019, di Thamrin City, Jakarta Pusat, Sabtu (07/12/19). (Foto: Kompas.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Perdagangan mengimbau para pengelola perbelanjaan untuk menempatkan produk lokal di bagian depan pusat perbelanjaan mereka sesuai dengan Instruksi Presiden.

Suhanto Dirjen Perdagangan Dalam Negeri berharap, seluruh masyarakat Indonesia dan pegawai Kementerian Perdagangan berbelanja produk-produk buatan Indonesia melalui Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri. “Dengan demikian [dipajang di depan pusat perbelanjaan], produk dalam negeri dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” katanya.

Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri yang merupakan program strategis perdagangan dalam negeri Kemendag yang terus digencarkan, baik secara luring maupun daring tersebut bertujuan menumbuhkan kesadaran dan semangat masyarakat agar lebih mencintai produk Indonesia secara konkret melalui pembelian produk-produk dalam negeri.

“Selain itu, sebagai wujud nasionalisme dengan mencintai produk-produk buatan Indonesia. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung eksistensi para produsen dan pengrajin dalam negeri, terutama UMKM dan menggerakkan perekonomian nasional,” ungkap Suhanto.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ongky Sukasah selaku Komisaris Utama PT Jakarta Realty (pengelola Thamrin City) yang merupakan pusat perbelanjaan yang konsisten dan menjual produk-produk UMKM Nusantara. Ia menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri ini merupakan wujud nyata nasionalisme dan kebanggaan masyarakat terhadap produk-produk Indonesia.

“Dampak dari gerakan ini akan dirasakan para pelaku UMKM dan dapat mendukung eksistensi produk dalam negeri dan menggerakkan sektor perdagangan dalam negeri,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan pegawai Kementerian Perdagangan berbelanja produk-produk buatan Indonesia melalui Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri di Thamrin City, Jakarta, Sabtu (7/12/19).

Menurut Agus, konsumsi masyarakat terhadap produk dalam negeri dapat memberikan efek domino bagi penguatan pasar dalam negeri, meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat, dan menjamin pendapatan pekerja lokal.