Keinginan Pemerintah Produk UMKM Tak Kalah Saing Dengan Luar Negeri

Rasti R | 24 Januari 2020, 14:00 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Pemerintah terus mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) naik kelas, dengan begitu tidak akan kalah saing dengan produk luar negeri.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pelaku UMKM tidak boleh kalah saing dengan produk luar negeri di pasar dalam negeri.

"Di dalam negeri pun kan kita malas bersaing dengan produk asing, yang bisa mudah masuk melalui e-commerce, karena itu standarnya harus langsung di upgrade ke pasar global," katanya.

Teten mengatakan bahwa sektor  kewirausahaan perlu diperbaik, meliputi skala bisnis serta kualitas produk. Ia berharap, produk UMKM bisa menguasai pasar dalam negeri. Kemenkop pun berupaya memberikan kemudahan bagi pelaku usaha agar bisa ekspor.

Teten menambahkan definisi UMKM naik kelas bukan berarti melahirkan konglomerasi baru tapi lebih pada konsep keadilan ekonomi.

"Jadi UMKM naik kelas sebenarnya kita harapkan output-nya ada pertumbuhan jumlah wirausaha di Indonesia, sekarang ini kan baru di bawah satu persen," ungkapnya.

Menurutnya, jika dibandingkan pertumbuhan UMKM di negara maju, indeks pengusaha selalu minimum dua persen. Sedangkan Indonesia masih di bawah satu persen.

Presiden RI Joko Widodo sudah pula memberikan kesempatan UMKM terlibat sekaligus berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur pemerintah. 

"Karena itu memang Pak presiden, tugasi saya mendorong UMKM naik kelas," tambah Teten.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar