Ilustrasi COVID-19. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi COVID-19. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah perlu mengantisipasi dampak virus COVID-19 terhadap perekonomian bangsa, antara lain dengan membantu mendorong kemudahan berusaha bagi kalangan pelaku UMKM di berbagai daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sandiaga Uno dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (14/3/2020). “UMKM itu tahan terhadap krisis atau turbulensi ekonomi. Maka, Pemerintah harus menjaga kemudahan berusaha para pelakunya,” kata Sandiaga Uno.

Menurutnya, UMKM adalah bentuk usaha yang akan menolong ekonomi Indonesia jika terjadi turbulensi seperti saat ini.

Ia juga mengemukakan jika Pemerintah harus mengutamakan ketersediaan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

“Selain kesehatan, ekonomi masyarakat juga harus dijaga dengan kepastian lapangan pekerjaan agar konsumsi tetap terjaga. Jadi, Pemerintah terlebih dahulu menghentikan kepentingan masyarakat,” paparnya.

Ia mengingatkan dampak COVID-19 akan membuat ekonomi global melambat, kenaikan harga minyak, dan turbulensi di pasar keuangan dunia.

Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah perlu membuat kebijakan realistis dalam mengatasi dampak COVID-19.

Ia juga menegaskan Pemerintah perlu memenuhi pasokan kebutuhan masyarakat sehari-hari sebagai langkah antisipasi kedua, mulai dari kuantitas hingga distribusinya ke masyarakat. Sehingga, menurutnya, ancaman disrupsi pasokan kebutuhan pangan masyarakat tidak akan terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here