Ilustrasi Pelanggan. (Foto: freepik.com/author/lifestylememory)

MNEWS.co.id – Hari Pelanggan Nasional adalah momentum peringatan di Indonesia yang dirayakan setiap 4 September untuk memerhatikan dan memberi apresiasi pada pelanggan.

Hari Pelanggan Nasional adalah saat yang tepat bagi perusahaan dari berbagai skala usaha untuk mengevaluasi dan meningkatkan cara mereka berinteraksi dengan pelanggan.

Hari Pelanggan Nasional berasal dari sebuah ide yang dicetuskan oleh Handi Irawan D., seorang pengusaha asal Solo pada tahun 2003 tentang bagaimana caranya agar perusahaan memiliki orientasi pada pelanggan dan membentuk budaya pelayanan.

Inisiatif ini kemudian digulirkan dan diapresiasi oleh banyak pihak sampai akhirnya diresmikan oleh Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri pada 4 September 2003.

Seiring berjalannya waktu, perayaan ini berkembang dan melibatkan lebih banyak pemangku kepentingan, termasuk pelaku UMKM.

Hari Pelanggan Nasional menjadi kesempatan bagi berbagai perusahaan, terutama UMKM, untuk mendekatkan diri kepada pelanggan mereka.

Dilansir dari laman Hari Pelanggan Nasional, memasuki perayaannya yang ke-20, momen peringatan Harpelnas di tahun 2023 mengusung tema “Melayani Pelanggan di Era AI”.

“Mari jadikan Hari Pelanggan Nasional 4 September 2023 sebagai momen puncak apresiasi terhadap pelanggan di mana segenap pemimpin perusahaan memberikan keteladanan dalam melayani pelanggan, bahwa pelayanan yang tulus dan interaktif di hari pelanggan tetap memerlukan human touch di tengah era Al yang mengandalkan teknologi semata,” ajak Handi Irawan dilansir MNEWS.co.id dari laman resmi Harpelnas.

Di tengah gencarnya perkembangan digital AI saat ini, memberikan pelayanan dengan sepenuh hati kepada pelanggan merupakan momentum apresiasi sangat berarti yang diteladani oleh para pemimpin, agar para pelanggan senantiasa bahagia dan loyal kepada perusahaan.