GrabExpress Mendukung Peningkatan Kapasitas UMKM Makassar

Rasti R | 12 Desember 2019, 12:55 WIB

Makassar, MNEWS.co.id -  GrabExpress selaku kurir instan di bawah naungan transportasi daring Grab mendorong peningkatan kapasitas UMKM di Makassar melalui pengenalan fitur baru dan pelatihan.

"Kami terus berkomitmen bantu lebih banyak UMKM agar bertambah sukses, sekaligus membantu pertumbuhan ekonomi di daerah dan nasional," kata Tyas Widyastuti selaku Head of GrabExpress, Grab Indonesia.

Tyas menjelaskan bahwa melalui tagline #TambahSukses, kehadiran layanan digital ini diyakini dapat permudah keperluan logistik dan memperluas jangkauan layanan. Pelatihan ini akan mendidik para pelaku UMKM untuk terampil menggunakan fasilitas digital dalam memasarkan produknya dan membuat jejaring. Termasuk diberikan pelatihan fotografi agar dapat menampilkan visualisasi produknya dengan menarik.

Evy Aprialti, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemkot Makassar, mengapresiasi kepada Grab yang sudah membantu memberikan pelatihan bagi para pelaku UMKM di Makassar.

"Selama ini, kami selalu mendorong pelaku UMKM agar terus berinovasi seiring dengan era industri 4.0 dan digitalisasi yang memanfaatkan jejaring media sosial," katanya.

Evy juga menambahkan bahwa pihaknya juga memberikan pemahaman penting produk UMKM memiliki sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pihaknya sudah mencoba memfasilitasi sertifikasi produk halal ke MUI dengan target pada 2020 siap melakukan pendampingan 30 UKM untuk mendapatkan sertifikasi Halal.

Berdasarkan hasil pendataan dinas yang dipimpinnya diketahui pada 2018 terdapat sekitar 10 ribu pelaku UKM di Makassar yang bergerak di bidang kuliner dan kerajinan.

"Sekitar 90 persen pelaku UKM kita berada di lorong-lorong dan mereka sangat terbantu dengan adanya layanan GrabExpress ini untuk menjangkau pelanggannya," katanya.

Andi Oci Alepuddin, Wakil Ketua Dekranasda Sulsel mengatakan sinergitas layanan daring ini dengan para pelaku di Dekranasda sangat penting. Karena itu, Ia berharap agar secara bertahap layanan GrabExpress ini dapat hadir di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Pada kegiatan pelatihan yang diselenggarakan perusahaan transportasi daring ini, turut hadir Wirausahawan Pemilik Batikan Myla Mulya dan salah seorang pelaku UKM di Makassar Wina untuk berbagi cerita terkait pengalamannya membangun usaha dengan memanfaatkan fasilitas teknologi digital.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar