Grab Indonesia Hadirkan Program #TerusUsaha untuk Membantu UMKM Go Digital agar semakin berkembang. (Foto: MNEWS)

Jakarta, MNEWS.co.id – Selama masa pandemi, Grab Indonesia mulai mengaplikasikan beberapa program yang memfokuskan pada layanan pasar bisnis ke bisnis bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk mengelola bisnis lebih terintegrasi secara online.

Salah satu program terbaru yang dihadirkan adalah #TerusUsaha yang bertujuan untuk membantu pelaku UMKM, agar bisa memanfaatkan momentum serta semakin berkembang di era new normal.

Neneng Goenadi, Mananging Director Grab Indonesia mengatakan berdasarkan survey yang dilakukan oleh pihaknya menunjukkan bahwa 76 persen mitra merchant memerlukan dukungan dalam meningkatkan keterampilan online seperti digital marketing dan fotografi produk. Sementara itu, 56 persen menginginkan sebuah teknologi untuk membantu para pelaku usaha agar semakin berinovasi dan bertumbuh kembang.

Dalam mendukung UMKM untuk go digital, #TerusUsaha memiliki lima program utama yaitu iklan gratis dan bazaar online, website khusus UMKM, Grab Akselerator UMKM, aplikasi Grab Merchant, dan platform digitalisasi bisnis.

“Di era new normal saat ini, digitalisasi memang sangat diperlukan. Dan program #TerusUsaha saat ini menjadi jawaban dari banyak pertanyaan di tengah pandemi,” kata Neneng dalam konferensi pers virtual bertajuk  “Peluncuran Program Digitalisasi Jutaan UMKM Indonesia” pada Selasa, (30/6/20).

Neneng menambahkan program #TerusUsaha juga memiliki empat pilar utama yaitu meningkatkan visibilitas dan permintaan pelanggan, pelatihan keterampilan dan pertumbuhan bisnis, digitalisasi bisnis tradisional dan individual, serta menciptakan kesempatan pendapatan baru.

Pada kesempatan yang sama, Ridzki Kramadibrata selaku President of Grab Indonesia, memaparkan Grab juga meluncurkan microsite yang dirancang khusus bagi UMKM untuk memberikan tips dan juga pengetahuan lainnya agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

Program ini memperkuat kerja sama Grab dan pemerintah untuk menjawab tantangan Covid-19 yang tengah berjalan, sekaligus mendukung program #BanggaBuatanIndonesia. Pihaknya berharap dapat membantu bisnis-bisnis kecil menavigasi era tatanan baru dengan semangat gotong royong.

Maka dari itu mulai tanggal 20 Juli 2020 para pelaku UMKM bisa mendaftarkan diri dalam program #TerusUsaha melalui website www.grabforgood.id. Nantinya dengan bermitra bersama Komunitas Sahabat UMKM, para pelaku usaha dapat mengikuti pelatihan online secara gratis dan akan dilatih oleh berbagai pakar ahli di bidangnya dalam program akselerator selama 2,5 bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here