Ilustrasi pelaku bisnis. (Foto: Gojek)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pandemi Covid-19 telah menyadarkan banyak orang, termasuk pelaku UMKM mengenai pentingnya membuka usaha di platform digital. Hal ini terlihat semakin banyaknya jumlah pelaku usaha yang tergabung dan mendaftar jadi merchant Gojek.

Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung mengatakan dalam satu hari terdapat hingga 3.000 UMKM yang mendaftar jadi merchant Gojek. Meskipun demikian, masih banyak pengusaha pemula yang membutuhkan dukungan untuk terus meningkatkan usahanya.

“Gojek akan terus bekerja lebih keras lagi untuk melahirkan inovasi teknologi dan non teknologi yang membantu UMKM dari segala lini dan di setiap tahapan usaha,” kata Novi dilansir dari siaran pers Gojek.

Sebagai salah satu cara mendukung UMKM terus melaju, Gojek membagikan sejumlah temuan menarik berdasar data internal di tahun 2020 yang diprediksi akan tetap menjadi tren usaha bagi UMKM di 2021. Beberapa di antaranya adalah:

Tren Usaha Kuliner

Tren usaha kuliner rumahan meningkat selama 2020. Ada berbagai menu yang paling banyak dicari pelanggan berdasarkan kata kunci. Paling banyak yang dipesan di Gofood adalah Ayam Goreng dan Kopi Susu selama 2020. Namun, diprediksi pada 2021, Dessert Box dan Rice Bowl akan menjadi terfavorit.

Diskon dan Pemasaran

Pelanggan sangat menyukai diskon. Maka dari itu berikan diskon sebagai strategi pemasaran untuk meraih lebih banyak pelanggan. Lakukan strategi tersebut di sosial media guna memperluas jangkauan pelanggan. Gojek juga sudah menyiapkan fitur GoStore untuk memudahkan pelaku usaha membuka toko online pribadi yang terintegrasi dengan media sosial.

Perbanyak Metode Pembayaran

Masa pandemic membuat masyarakat mengurangi adanya kontak fisik yang mendorong gaya hidup konsumen menjadi cashless. Perbanyak metode pembayaran non-tunai karena cara ini juga akan berkembang pada 2021. Selain memiliki banyak kemudahan, hal ini juga akan mendorong banyak pelanggan untuk berbelanja di toko Anda.

Perluas Kanal Penjualan

Perluas kanal penjualan, baik di ranah online dan offline. Salah satu cara memperluas kanal penjualan adalah dengan menggunakan strategi omni channel. Hal ini akan membuat pelangggan Anda memungkinkan untuk memesan lewat online dan mengambil pesanan secara offline karena tidak ingin menunggu lama.