Gerakkan UMKM, Pesan Menkeu: Berbelanja Secukupnya dan Beramal

Dewi Fadhilah Soemanagara | 09 Mei 2019, 10:10 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – DhawaFest Pesona 2019 yang digagas oleh Dharma Wanita Persatuan Kementerian Keuangan (DWP Kemenkeu) resmi dibuka. Dengan mengambil tema Persembahan Elok Nusantara sebagai salah satu cara untuk memperingati dan merayakan ke-Bhinekaan Indonesia, festival ini melibatkan 205 stan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang turut berpartisipasi. 

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya mengajak para pengunjung untuk berbelanja secukupnya. Hal ini dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sehat dan seimbang. Pasalnya, mendukung UMKM dengan berbelanja memang diperlukan, tapi sebaiknya tidak berlebihan agar keuangan tetap terjaga.

"Bersikaplah sederhana. Jadi manusia yang belanja secukupnya. Itu adalah bagian dari sikap hidup untuk tidak menjadi konsumtif hedonis. Namun saya tetap mengharapkan Bapak-Ibu sekalian tetap belanja karena itu mendukung perekonomian kita," papar Sri Mulyani pada pembukaan DhawaFest Pesona 2019 di Aula Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Selain itu, DWP Kemenkeu juga akan membagikan 2000 paket sembako, penjualan sandang murah, pemberian pakaian layak pakai, serta pemberian dana pendidikan untuk 90 anak dari pegawai golongan I, II, serta tenaga honorer.

Ada yang berbeda dari penyelenggaraan DhawaFest tahun ini, yaitu dengan digalakkannya penggunaan kantung belanja pakai ulang. Menkeu berpendapat bahwa dengan meminimalisir penggunaan plastik, itu adalah simbol bahwa kita peka dan peduli dengan lingkungan. Hal kecil jika dilakukan secara konsisten akan bisa mengubah gaya hidup kita.

Ia menutup sambutannya dengan berpesan agar para pengunjung tidak lupa menyisihkan sebagian rezekinya untuk beramal. 

"Kalau sudah belanja cukup, duitnya masih ada, beramal lah. Jadi, berikan kepada yang tidak mampu sehingga yang tidak mampu pun bisa belanja. Di situ lah yang kita sebut sebagai peraturan sosial bagi kita semuanya," pungkasnya.

Sumber: Kemenkeu

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar