Ilustrasi UMKM Milenial. (Foto: Freepik/topntp26)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki meyakini generasi milenial mampu mendorong produk UMKM masuk ke pasar global.

Teten mengatakan banyak melihat pelaku usaha mikro yang efektif memanfaatkan pasar digital di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. “Saya yakin mereka bakal berkembang bagus melalui media sosial,” katanya.

Oleh karena itu, Ia berharap UMKM harus mampu bergerak dinamis dan cepat beradaptasi dengan perubahan zaman. Di antaranya melakukan pemasaran digital secara efektif.

“UMKM harus sudah mulai melakukan research and development agar bisa mengikuti tren produk dunia, tak hanya pasar nasional,” ujar Teten.

Menurut Teten, ke depannya di dunia ini hanya akan terbentuk satu market saja yakni, pasar digital yang merupakan bagian dari ekonomi global. Untuk itu, Ia juga mendorong agar para UMKM bisa membuat produk unggulan yang memiliki kekhasan dan juga unik agar bisa bersaing dengan produk mancanegara. “Artinya, kita harus mampu membangun produk unggulan kita,” pungkasnya.