Gali Banyak Ilmu di Kelas Komunitas Sahabat UMKM & ADX Asia

Dewi Fadhilah Soemanagara | 23 Februari 2019, 00:07 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Ternyata untuk menggali ilmu bagi para pelaku UMKM tidak harus mahal. Bahkan, ada Kelas Komunitas gratis yang bisa diikuti oleh para pelaku UMKM secara cuma-cuma. Tidak hanya teori, peserta juga bisa langsung praktik dan menggunakan hasilnya untuk konten marketing produk di media sosial maupun platform digital lainnya!

Di kelas komunitas yang digagas oleh Komunitas Sahabat UMKM dan ADX Asia ini, para pelaku UMKM diajari bagaimana cara membuat konten marketing yang menarik, seperti membuat poster dengan desain dan elemen sesuai target pasar masing-masing. Semuanya gratis dan tiap peserta bebas untuk eksplorasi dan konsultasi apabila ada materi yang belum dipahami. 

Pelaku UMKM asyik belajar konten marketing di Kelas Komunitas yang diadakan oleh Sahabat UMKM dan
ADX Asia, di Classroom A Jakarta Creative Hub, Jumat, (22/2/2019). Foto: (doc/MNEWS).

Jessica Teresa, Marketing Intelligence Executive ADX Asia sebagai tutor di kelas komunitas ini mengaku senang memberikan pendalaman terkait konten marketing kepada para pelaku UMKM. Ia melihat, Kelas Komunitas yang diadakan secara rutin setiap bulannya ini semakin ramai, dan antusiasme pesertanya semakin banyak. Mereka ingin belajar, tidak peduli dengan usia, latar belakang produk yang dijual, karena yang penting adalah kemauan belajar yang tinggi.

“Terus yang aku senangnya itu aku ngejelasinnya nggak cuma satu arah, jadi mereka interaksi juga. Kalau nggak ngerti mereka ‘Mbak, ini kayak gimana, ya? Ini caranya gimana?’ mereka bisa eksplor sendiri. Ke depan aku berharap bisa ngajarin yang lebih, supaya mereka juga bisa belajar lebih lagi, nggak cuma konten di canva aja,” tandas perempuan yang akrab disapa Jess ini usai Kelas Komunitas “Tips dan Trik Membuat Konten Marketing Untuk Para Pelaku UMKM Sesuai Tren 2019” kepada MNEWS di Jakarta Creative Hub, Jumat, (22/2/2019).

Jess berkisah, di Kelas Komunitas bulan lalu, Ia terkesan dengan peserta yang merupakan pelaku UMKM lanjut usia. Bapak berusia sekitar 60 tahun itu memiliki semangat belajar yang tinggi. Nyatanya, usia senja tidak menghalangi peserta untuk berhenti belajar.

“Aku kagum dengan semangatnya sih. Di antara semua ibu-ibu, anak muda, dia yang paling tua disitu, mau belajar bawa laptop dengan seadanya. Jadi kita pun ngajarinnya dengan sepenuh hati. Aku amazed banget sih sama dia, karena di umur segitu masih mau belajar. Kelas Komunitas ini nggak membatasi umur hanya untuk anak muda aja, tapi orang tua juga bisa ikut,” imbuhnya sembari tersenyum.

Salah satu peserta Kelas Komunitas, Dian Mawaring Tyas, mengungkapkan kesan-kesannya usai mengikuti kelas komunitas. Pemilik usaha makanan ringan “Lidi Kampret” ini terlihat senang dan puas karena bisa memperoleh ilmu yang berharga. 

Dian, salah satu peserta Kelas Komunitas sedang membuat konten marketing di Jakarta Creative Hub,
Jumat, (22/2/2019). Foto: (doc/MNEWS).

“Ini baru pertama kali saya ikut Kelas Komunitas Sahabat UMKM. Alhamdulillah dapat banyak ilmu untuk diterapin di bisnis aku, untuk marketing dan desain ya terutama. Mudah-mudahan besok bisa ningkatin penjualan dan bisa ikut lagi, dapat ilmu baru lagi,” ujar Dian.  

Pelaku UMKM memang perlu membangun jejaring. Selain bisa memperluas pasar, akses ke berbagai fasilitas pun semakin terbuka lebar. Di dalam komunitas Sahabat UMKM, para anggota bisa menggali ilmu seputar wirausaha secara lengkap dan mendalam. Tidak hanya itu, teman-teman baru dan networking pun akan bisa saling membantu untuk tumbuh, berkembang, dan sukses bersama. 

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar