Pemotretan produk yang dikenakan model, di Creative Hub Ninja Xpress. (Foto: Dok/Ninja Xpress)

MNEWS.co.id – Creative Hub terbaru di Jakarta telah hadir sebagai wadah yang akan mendorong inovasi dan kolaborasi dalam rangka mendukung pertumbuhan para pelaku UKM.

Creative Hub ini menjadi tempat yang strategis bagi para pengusaha kreatif dan pemilik UKM untuk mengembangkan ide-ide baru, berbagi pengetahuan, serta menjalin kemitraan yang saling menguntungkan.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), sepanjang 2022, jumlah UKM di Indonesia mencapai 8,71 juta unit. Jika dilihat berdasarkan provinsi, DKI Jakarta menduduki posisi keempat UKM terbanyak dengan jumlah mencapai 658,365 ribu unit usaha.

Guna mengakselerasi pertumbuhan UKM,  Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, kembali menghadirkan Creative Hub baru yang lebih besar dari sebelumnya dan berlokasi di Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Creative Hub terbaru ini tidak hanya bisa digunakan bagi pelaku UKM, tetapi juga berbagai komunitas yang ingin mengembangkan kegiatan mereka.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress menjelaskan, dengan melihat besarnya potensi pelaku usaha di Jakarta dan kota-kota lainnya, hadirnya Creative Hub diharapkan menjadi tonggak penting dalam komitmen Ninja Xpress untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan UKM di Indonesia.

Creative Hub ini merupakan sebuah tempat yang menyediakan berbagai layanan seperti studio untuk pengambilan foto atau video produk profesional serta pelaksanaan live selling dan tempat penyelenggaraan acara baik untuk UKM ataupun komunitas.

“Creative Hub diharapkan mampu menjadi pusat kolaborasi dan kreativitas yang mendorong pertumbuhan bisnis bagi para pelaku UKM,” ujar Andi.

Sejak awal dibuka pada Maret lalu hingga awal Juni 2023, Creative Hub di Pejaten sudah digunakan untuk melakukan lebih dari 800 pengambilan foto produk dan lebih dari 350 pembuatan video produk, serta dipakai oleh lebih dari 80 UKM untuk melakukan foto dan video produk dan 5 UKM melakukan live selling dengan durasi total live selling selama lebih dari 10  jam.

Creative Hub ini memiliki beberapa area yang terdiri dari:

Multifunction Space
Ruangan serbaguna ini mengadopsi gaya teater yang dapat menampung hingga 40 orang. Area ini bisa digunakan oleh UKM dan berbagai komunitas, seperti aktivis, seniman, akademisi, pengusaha, dan lain sebagainya untuk berbagai kegiatan.

Terdapat juga fasilitas tambahan, seperti peralatan teknis profesional, proyektor dan layar LED, serta sound system.

Area ini juga dilengkapi dengan VIP Area yang lokasinya berdekatan dengan ruang serbaguna dan dapat digunakan sebagai tempat tunggu dan ruang pertemuan. Area ini dapat menampung hingga 7 orang.

Showcase Area
Berfungsi sebagai ruang pameran atau display untuk UKM yang telah menjadi mitra Ninja Xpress sejak tahun 2019. Produk yang dipamerkan bervariasi, mulai dari fashion, aksesori, herbal, hingga makanan.

Outdoor Multifunction
Terletak di luar ruangan, area ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan komunitas yang dapat menampung hingga 30 orang. Di area ini, terdapat kolam renang dan berbagai macam tanaman yang akan menambah kenyamanan suasana.

Salah satu shipper Ninja Xpress, yaitu Avianty Utami, Owner Cuambel, UKM asal Bekasi yang menjual varian sambal siap saji. Ia menjelaskan, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) bukan lagi menjadi kendala untuk mengikuti tren penjualan terkini, seperti live selling. Layanan live selling Ninja Xpress memberikan solusi untuk mengatasi tantangan selama proses live selling.

“Bersama Ninja Xpress, kami mendapatkan bantuan mulai dari pembuatan konten hingga pelaksanaan live selling. Ini sangat membantu, terutama bagi kami yang baru mulai menerapkan live selling. Dan meskipun masih baru, live selling ini mampu meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan awareness,” jelas Avianty Utami.

Shipper lainnya, Romario Sumali, Owner Livana Shoes, UKM yang menjual koleksi sandal dan sepatu eksklusif bagi para ibu-ibu, menghadapi tantangan tersendiri dalam proses pra produksi, terutama dalam hal menciptakan foto-foto produk jualan yang menarik.

“Untuk proses pembuatan foto produk jualan, kami pernah merekrut fotografer dan model freelance, bahkan kadang-kadang kami harus menyewa studio. Hal ini tentu saja meningkatkan biaya produksi,” ungkapnya.

Akhirnya, Romario memutuskan untuk menggunakan layanan foto produk dari Ninja Xpress.

“Selain hasilnya lebih baik dan sesuai dengan standar kami, tentunya kami juga bisa menekan biaya produksi,” jelas Romario Sumali.

UKM dan komunitas di Jakarta dapat mengunjungi dan menggunakan berbagai fasilitas di Creative Hub Jakarta yang berlokasi di Jl. Pejaten Barat I No.1A RT.2/RW.8, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12510.