DILo Hadir Sebagai Wadah untuk Menumbuhkan Industri Kreatif

Rasti R | 21 Agustus 2019, 17:26 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Digital Innovation Lounge (DILo) merupakan suatu wadah atau tempat untuk para talent, startup & komunitas agar dapat berkolaborasi dalam membangun mimpi di dunia digital melalui program pre-startup development, digital professional talent dan digital community development. Saat ini DILo sudah tersebar di 17 kota salah satunya adalah di Jakarta.

DILo Jakarta merupakan sebuah creative camp yang dinaungi oleh Telkom Indonesia dengan Kementerian Olahraga dan Pemuda Republik Indonesia (Kemenpora RI) yang dibuat pada tahun 2018. DILo dibuat dengan tujuan untuk menciptakan, menumbuhkan, dan meningkatkan kualitas serta kuantitas bibit-bibit digitalpreneur sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat dan komunitas tanah air.

Muhammad Syamsul Arifin selaku Manager DILo Jakarta menjelaskan bahwa DILo memiliki beberapa program untuk para anggotanya yaitu DILOPAD (Pre Startup Development) sebuah program digital talent untuk membangun sebuah startup baru denga Pra inkubasi yang dibantu para mentor yang sudah berpengalaman. Selanjutnya DILo Digital Talent Profesional yaitu sebuah program digital talent yang agar para pemula dapat menjadi ahlo dalam pengembangan produk digital yaitu berupa hacker, hipster, maupun bustler. Dan terakhir adalah Game Academy yaitu program inkubasi produk game digital, online indigo, dan creative nation.

Muhammad Syamsul Arifin , Manager DILo Jakarta dalam acara Kuliah Kewirausahaan Pemuda, di Ruang Teater Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (20/8). Foto: (doc/MNEWS)

DILo juga mengadakan beberapa event yaitu seperti community gathering, expert session, DILo goes to ecosystem, DILo Hackathon Festival, Seminar dan lainnya. Arifin juga menjelaskan bahwa DILo juga memiliki program unggulan yaitu Indigo sebuah program dari TELKOM yang diberikan kepada para pemuda yang sudah memiliki usaha sendiri dan para pemilik start-up.

"DILo ditunjukan untuk menjadi sentra pemuda dan mengembangkan potensi anak muda untuk mendukung perekonomian nasional, sehingga dapat bersaing di ekonomi global berbasis inovasi digital," ujar Arifin dalam acara Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019 di Ruang Teater Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (20/18).

Arifin juga menambahkan bahwa DILo Jakarta juga bertujuan untuk mengembangkan potensi pemuda, memberikan pengetahuan mengenai bidang keterampilan dan membangun perekonomian, serta menjadi wadah pemuda untuk terus berinovasi. DILo juga memberikan fasilitas berupa working space, meeting room, WiFi dan Lounge.

Saat ini DILo memiliki program komunitas digital inovasi yang bernama Honokamaru, program ini bertujuan untuk mendidik pemuda yang ingin berkecimpung di dunia IT dan mengarahkannya kedunia kerja berbasis IT Digital sebagai tenaga profesional dalam bidang IT.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar