Ciptakan Entrepreneur Muda Melalui Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019

Rasti R | 21 Agustus 2019, 14:42 WIB

Jakarta,  MNEWS.co.id - Imam Gunawan selaku Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda secara resmi membuka Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda tahap II di Ruang Teater, Gedung Wisma Kemenpora, Jakarta, pada Selasa (21/8).

Untuk tahun 2019, Kemenpora melaksanakan kegiatan Kuliah Kewirausahaan tahap 1 sebanyak 22 (dua puluh dua) kali dan kegiatan ini terdiri dari empat tahap dengan metode seleksi pada tiap tahapnya. Untuk tahap I diadakan di 22 perguruan tinggi yang berada di wilayah Jabodetabek, sementara untuk tahap II-IV akan diadakan di Gedung Kemenpora, Jakarta.

Program ini memiliki tujuan untuk mensosialisasikan dan menumbuhkembangkan karakter kewirausahaan, memberikan kemampuan kepada peserta untuk bisa membuat sebuah rencana bisnis dan juga adanya upaya pemerintah untuk dapat menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan pemuda.

Pelatihan pada Tahap II ini melibatkan 165 orang peserta yang telah berhasil lolos seleksi dari 4 batch pelatihan yang telah dilaksanakan dan juga melibatkan dua belas perguruan tinggi yaitu Universitas Mercu Buana, Universitas Nasional, Universitas Pertamina, Universitas Pamulang, Universitas Pancasila, Universitas Persada (UPI) YAI, Universitas Pakuan, Universitas Malang, Akper Ngesti Waluyo,  Universitas Prof Dr Moestopo, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Kemenpora berharap melalui kegiatan ini para pemuda dapat menumbuhkan soft skill serta tidak hanya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta untuk para pengusaha pemula dan para pengusaha yang ingin mengembangkan skala bisnisnya (scale up).

Nantinya dua belas peserta wirausaha muda terbaik akan menjadi menerima akses permodalan sebesar Rp15.000.000 (lima belas juta rupiah) dan akan mengikuti tahapan selanjutnya yang diadakan pada bulan September hingga Oktober 2019.  Selain itu Kemenpora juga akan memberikan pendampingan kepada para peserta wirausaha terbaik berupa dukungan fasilitas pembiayaan yang bersifat hibah agar mereka dapat segera memulai usaha dan semakin fokus untuk menjalankannya. Para alumni program juga akan mendapatkan coaching pasca pelatihan, mentoring, pelatihan peningkatan kualitas produk dan kolaborasi bisnis antar pelaku usaha.

Selain bekerja sama dengan dua puluh dua perguruan tinggi, Kemenpora juga bekerja sama dengan PT Astra International Tbk, Komunitas Sahabat UMKM, ASPIRASI (Asosiasi Penulis dan Inspirator Seluruh Indonesia), dan juga memberikan peluang kepada para stakeholder yang memiliki tujuan yang sama untuk bermitra dalam menciptakan ekosistem kewirausahaan dan melahirkan para wirausaha-wirausaha baru.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar