Ilustrasi pelaku usaha warung. (Foto: JP/Dzulfiqar Fathur Rahman)

MNEWS.co.id – Bukalapak berkomitmen untuk mendukung para pelaku usaha mikro, salah satunya dengan terus melanjutkan upaya pendampingan warung-warung kecil di seluruh Indonesia.

Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) milik Bukalapak, menyelenggarakan Mitra Mentorship Program Batch 2 sebagai bentuk keberlanjutan program pendampingan mitra yang sebelumnya sukses diselenggarakan di Jawa Timur. 

Program ini diadakan secara daring, melibatkan 40 Mitra dari berbagai kota di Indonesia pada 22 Januari-4 Februari 2024 lalu.

Melanjutkan misi pemberdayaan “Dari Mitra untuk Mitra”, program Mitra Mentorship menghadirkan edukasi yang dilakukan secara kolaboratif antar pemilik warung, di mana Mitra yang terpilih sebagai mentor membagikan materi terkait bisnis warung kepada puluhan Mitra sebagai mentee.

Mitra Bukalapak berkomitmen menciptakan rantai perubahan di sektor industri mikro lewat pertumbuhan warung-warung yang semakin berdaya saing. Untuk menyebarluaskan dampak positif ini, Mitra Bukalapak mendorong pemilik warung yang telah mengikuti program sebelumnya, agar menjadi mentor bagi sesama pemilik warung.

“Tugas yang diemban bukan sekadar transfer ilmu, melainkan juga menumbuhkan mentor-mentor baru, sehingga semangat mentransformasi warung bisa dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan,” jelas Gitaditya Witono, AVP Brand Marketing Mitra.

Ada 6 modul di Mitra Mentorship Program Batch 2 ini, antara lain terkait komunikasi pelanggan, menjual produk lebih banyak dan beragam atau crossselling, strategi berjualan produk virtual dan keuangan, serta pemasaran digital untuk memikat pelanggan. Setiap modul dibagikan secara daring dalam satu sesi khusus. 

Di akhir sesi, seluruh peserta diajak untuk saling berbagi pengalaman terkait materi yang dibagikan sehingga mereka dapat saling belajar dari tantangan dan pengalaman yang dihadapi sehari-hari untuk dapat mentransformasi warungnya bersaing dengan ritel modern.

Mitra Bukalapak tidak hanya memberikan pengetahuan dasar kepada para pemilik warung, namun juga mendorong pertumbuhan bisnis mereka melalui diversifikasi produk dan layanan. 

Saat ini, terdapat lebih dari 42 produk virtual yang tidak hanya bertujuan untuk menambah pendapatan, tetapi juga memberikan warung kemampuan setara dengan ritel modern.

Mitra Bukalapak terus membuktikan bahwa pendekatan yang inklusif dan pendampingan yang mendalam dapat mengubah wajah bisnis warung di Indonesia. Dengan semangat kolaboratif ini, diharapkan bisnis warung di tanah air semakin berkembang pesat dan berdaya saing.