Salah satu produk UMKM yang ditampilkan dalam BRILian Preneur. (Foto: dok Bank BRI)
Salah satu produk UMKM yang ditampilkan dalam BRILian Preneur. (Foto: dok Bank BRI)

Jakarta, MNEWS.co.id – Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih menjadi sektor yang terus ditingkatkan perkembangannya oleh pemerintah. Melalui berbagai pembinaan dan pemberdayaan, UMKM dikembangkan agar dapat bersaing dengan pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan UMKM terbilang masih kalah saing dengan perusahaan besar, apalagi bila berbicara tentang ekspor ke mancanegara. Perbandingannya sangat signifikan terlihat. IaJokowi juga mengatakan, perlu adanya upaya-upaya yang dilakukan agar UMKM di Indonesia dapat bersaing dengan perusahaan besar dalam persaingan lokal maupun internasional.

Bank Republik Indonesia (BRI) mengadakan sebuah acara yang bertajuk UMKM Export BRILian Preneur 2019 yang menghadirkan sekitar 155 UMKM. Acara ini dilaksanakan di Assembly Hall JCC Senayan, mulai dari 20 hingga 22 Desember 2019. Pelaku UMKM pun memasarkan hasil produksi dan menjualnya kepada pengunjung yang berasal dari berbagai negara.

Jokowi mengaku sangat senang dengan terselenggaranya acara ini. Ia mengatakan produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM ini sudah sangat bagus dan dirinya tidak ragu untuk mengakui kualitas dari produk-produk UMKM tersebut.

Jjokowi juga berpesan kepada para UMKM untuk tetap berinovasi agar nantinya produk-produk mereka dapat bersaing dengan produk-produk impor.

Sementara itu, Sunarso, Direktur Utama Bank BRI mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai wujud komitmen BRI dalam mengembangkan UMKM di Indonesia. Bahkan, pihak Bank BRI sudah memberikan kredit kepada UMKM sebanyak Rp 701 triliun.

“Ini setara dengan 78% dari total kredit sebesar Rp 983 T. Kami juga memiliki 1,2 juta UMKM yang telah naik kelas selama 2019, bila dihitung dari tahun 2017 maka total UMKM yang sudah naik kelas sebanyak 5,5 juta UMKM,” katanya.

Bank BRI juga terus memberikan berbagai program-program yang diperuntukkan bagi kemajuan UMKM, agar dapat bersaing di pasaran. Berbagai program mulai dari pelatihan hingga program kemitraan juga terus digaungkan oleh Bank BRI. Selain itu, saat ini Bank BRI juga memiliki rumah kreatif BUMN sebanyak 54 RKB atau yang terbanyak dibandingkan dengan yang lainnya.

Pada kegiatan UMKM Export BRILian Preneur 2019 berbagai kegiatan akan diberikan kepada UMKM. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas para UMKM untuk bersaing di pasar internasional. Selain itu, lewat kegiatan ini diharapkan produk-produk UMKM Indonesia dapat dikenal oleh publik mancanegara.

Pada konten acara business matching, sebanyak 155 UMKM yang ada pada acara tersebut akan dipertemukan dengan 74 calon pembeli potensial dari 16 negara dari benuaAmerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia.