BPP Gelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas UMKM Kendari

Rasti R | 04 September 2019, 13:47 WIB

Kendari, MNEWS.co.id - Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengadakan pelatihan tentang peningkatan produktivitas kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Kendari, Selasa (3/9/2019).

H Saemu Alwi, Kepala Dinas Tenaga Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sulawesi Utara, mengatakan bahwa pelaku UMKM mempunyai peran yang sangat besar serta kontribusi dalam pengadaan lapangan kerja. "Pekerja sektor informal seperti UMKM memiliki peran yang sangat besar terhadap kontribusi pembangunan dalam membuka lapangan kerja," ucap Alwi saat membuka kegiatan tersebut di Kendari, Selasa (3/9/2019).

Alwi menjelaskan bahwa sebelumnya para pelaku UMKM kurang mendapatkan perhatian terhadap usaha mereka, maka dari itu Alwi mengapresiasi upaya BPP Kendari yang terus mengadakan pelatihan peningkatan produktivitas bagi para pelaku UMKM. "Kendala internal UMKM adalah kurangnya percaya diri dan ketakutan untuk memulai usaha, padahal mereka punya potensi, sisa bagaimana menumbuhkan motivasi dari dalam dirinya," katanya.

Pelatihan peningkatan produktivitas diadakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari. Kegiatan ini juga merupakan hasil kerja sama dengan Organisasi Perkumpulan Perempuan Perduli Lingkungan (P3L) Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas Pelatihan Peningkatan Produktivitas Score, dan kedua mengenai kelas Pelatihan Peningkatan 5S. Kedua sesi tersebut diikuti oleh 25 peserta, dan akan diadakan selama lima hari sejak tanggal 3 hingga 7 September 2019.

Sebelumnya, BPP juga menggelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas Score dan Pengukuran kepada pelaku UMKM yang ada di Kendari serta Tomohon Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk di Tomohon, pelaksananya yaitu Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon dan telah dilaksanakan pada 26-30 Agustus 2019 di Hotel Tulip Inn.

Untuk di Kota Tomohon, BPP bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon dan memberikan pelatihan sebanyak 50 pelaku UMKM. Kegiatan tersebut di buka oleh Kadisnaker Kota Tomohon Jeane A. Bolang SH MH. Turut hadir dan narasumber dalam pelatihan peningkatan produktivitas adalah Kasi Penyelenggara dan Pemberdayaan La Ode Hariwijaya Kaeba SST dan Pimpinan BRI Cabang Tomohon Hery Santoso Kadikum.

Melalui kegiatan pelatihan tentang peningkatan produktivitas, para peserta yang hadir diharapkan dapat mengingat dan menerapkan ilmu yang telah didapatkan. Tujuannya adalah agar bisa meningkatkan perekonomian, daya saing serta produktivitas. Peserta pelatihan dibekali beragam keahlian untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing hasil produksi.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar