Boost Indonesia Bantu UMKM untuk Melek Digital

Rasti R | 26 November 2019, 10:05 WIB

Semarang, MNEWS.co.id - Platform digital Boost Indonesia membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat melek digital untuk mengembangkan usaha mereka. 

Zakky Mubarok, Growth Territory Management Division Head Axiata Digital Service Indonesia mengatakan, bahwa pihaknya mengarahkan pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan usaha secara digital serta mempunyai akses layanan keuangan. Hal tersebut Ia sampaikan di sela kegiatan DreamBold di De Tjolomadoe Kabupaten Karanganyar,  Jawa Tengah, Senin (25/11/19).

Zakky menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai industri digital kepada masyarakat dalam mendorong inklusi keuangan di era digital.

"Di sini kami perkenalkan interaksinya. Kalau online saja orang tidak paham, paling mendasar yang kami sasar adalah toko atau merchant, mereka butuhnya apa saja, seperti misalnya penambahan modal sehingga butuh koneksi ke perbankan," katanya.

Zakky menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak semua penjual barang/jasa paham mengenai ekonomi digital. Oleh karena itu, pihaknya menyediakan tenaga penyuluh untuk mengedukasi para merchant.

"Boost di sini sebagai platform. Kami mengedukasi kepala pelaku ekonomi bahwa ada pilihan-pilihan yang bisa diambil oleh pelaku usaha," katanya. 

Sementara dari segi kewirausahaan, Zakky berharap agar para pelaku usaha tidak takut untuk memulai dan belajar. "Mulai dulu saja, dari usaha yang paling kecil gimana cara memasarkan digital, bagaimana memanajemen keuangannya. Yang pasti kita tidak boleh hemat antara pemasukan dengan pengeluaran," ungkapnya.

Saat ini total merchant hasil binaan Boost Indonesia sudah ada sekitar 600.000 UMKM. Zakky menjelaskan, dari jumlah tersebut yang aktif dalam bertransaksi hanya sekitar 50.000 saja.

"Kalau untuk total transaksi cukup besar, tahun ini saja sudah lebih dari Rp1 triliun," ujarnya.

Dalam memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM, pada kegiatan ini Boost Indonesia melibatkan sejumlah pengusaha muda serta konten kreator, di antaranya Gibran Rakabuming Raka, Ernest Prakarsa, dan Gofar Hilman.

Pada kesempatan yang sama, Gibran menyampaikan ekonomi digital sangat penting dalam mengembangkan suatu usaha, salah satunya mengenai cara memanfaatkan media sosial.

"Keberadaan sosial media sangat penting untuk mengembangkan usahanya, apalagi segmentasi pasar yang saya sasar adalah anak muda," kata Gibran.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar